Sukses


Shin Tae-yong: Performa Timnas Indonesia Tidak Kalah dari Australia, Penampilan Terbaik di Piala Asia 2023

Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai bahwa performa timnya tidak kalah dari Timnas Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

Timnas Indonesia memang dibantai Australia empat gol tanpa balas di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Empat gol Australia ke gawang Timnas Indonesia dicetak oleh gol bunuh diri Elkan Baggott pada menit ke-12, Martin Boyle pada menit ke-45, Craig Goodwin pada menit ke-89, dan Harry Souttar pada menit ke-90+1.

Di babak pertama, Timnas Indonesia menunjukkan permainan yang mengesankan. Tim berjulukan Skuad Garuda itu mampu melepaskan lima tembakan, dengan satu di antaranya mengarah ke gawang Australia.

2 dari 4 halaman

Secara Statistik

Secara keseluruhan statistik, Timnas Indonesia juga tidak tertinggal jauh dari Australia. Soal penguasaan bola, misalnya, Skuad Garuda membukukan 48 persen.

Bahkan dari segi persentase akurasi operan, Timnas Indonesia yang mencatatkan 81 persen lebih unggul atas Australia yang memperleh 80 persen.

"Saya merasa bahwa kami tidak kalah dalam hal level performa dengan Australia," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Saya pikir satu di antara alasannya adalah karena para pemain melakukannya dengan baik. Saya hanya memberikan instruksi kepada pemain dan mereka mengikutinya dengan baik," imbuh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menganggap bahwa penampilan Timnas Indonesia kontra Australia menjadi performa yang terbaik sepanjang Piala Asia 2023.

"Kami tetap kalh karena tingakt pengalaman yang berbeda dan konsentrasi tertentu. Suatu hari, kami akan memainkan level yang sama," jelas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Penampilan Terbaik

Sebelumnya di penyisihan grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sudah menghadapi Timnas Irak namun kalah 1-3, menang 1-0 atas Timnas Vietnam, dan takluk 1-3 dari Timnas Jepang.

"Sejujurnya, jika saya menilai kinerja tim ini, pertandingan ini adalah pertandingan terbaik di antara yang lainnya," ucap Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer