Sukses


Prediksi 16 Besar Piala Asia 2023, Arab Saudi Vs Korea Selatan: Final Kepagian

Bola.com, Jakarta - Final kepagian akan tersaji pada babak 16 besar Piala Asia 2023, antara Arab Saudi versus Korea Selatan. Dua tim besar dan pernah menjuarai Piala Asia ini akan bentrok di Education City Stadium, Doha, Selasa (30/1/2024) malam WIB.

Arab Saudi merupakan juara Grup F Piala Asia 2023, ditantang Korea Selatan yang menjadi runner-up Grup E. Bagi kedua tim, ini adalah pertemuan pertama kalinya sejak terakhir kali bersua pada tahun 2000.

Big Match keduanya juga bisa dilihat dari kemewahan di kursi pelatih. Dua legenda sepak bola dunia ada di balik kursi pelatih masing-masing. Roberto Mancini di Arab Saudi, dan Jurgen Klinsmann di kubu Korea Selatan.

Layak dinantikan siapa yang akan keluar sebagai pemenang dalam partai final kepagian di Piala Asia 2023.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Modal Besar

Arab Saudi yang punya julukan The Green Falcons, memuncaki Grup F dengan hasil imbang 0-0 melawan Thailand, sementara Korea berada di urutan kedua di Grup E setelah bermain imbang 3-3 dengan Malaysia.

Hasil itu menjadi modal berharga bagi Arab Saudi yang  untuk pertama kalinya menjadi juara Grup sejak Piala Asia edisi 2007. Performa pertahanan mereka yang impresif di babak pembuka bukanlah suatu kejutan mengingat reputasi manajer Roberto Mancini, yang sering mengatakan secara terbuka bahwa ia lebih memilih hasil 1-0 daripada menang dengan banyak gol.

Sejak mengalahkan calon juara Piala Dunia Argentina dalam pertandingan pembuka mereka di Qatar 2022, Arab Saudi telah kalah sembilan dari 10 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

3 dari 5 halaman

Ancaman Son Heung-min Cs

Statistik tak kalah mentereng ada di kubu Korea Selatan. Mereka juga punya modal untuk mengeliminasi Arab Saudi. Sebab mereka belum pernah kalah dari Arab Saudi sejak kualifikasi Piala Dunia 2005.

Namun kiprah Korsel selama di babak penyisihan grup Piala Asia kali ini penuh dengan drama. Menang 3-1 atas Bahrain, ditahan imbang 2-2 oleh Yordania, dan kembali bermain imbang 3-3 versus Malaysia.

Tim berjulukan Taegeuk Warriors hanya mengumpulkan lima poin, dan menjadi yang paling sedikit bagi mereka di fase grup Piala Asia sejak edisi 2007 (empat poin), dan gagal memuncaki grup mereka untuk pertama kalinya sejak tahun 2011.

4 dari 5 halaman

Komposisi Tim

Arab Saudi di bawah polesan Roberto Mancini melakukan perubahan besar-besaran pada starting 11 Arab Saudi pada matchday ketiga. Artinya, Ali Al-Bulaihi dan Salem Al-Dawsari jelas dalam kondisi bugar untuk menghadapi Korsel.

Selain itu masih ada Mohamed Kanno dan Mohammed Al-Breik yang bisa diandalkan. Dengan rotasi yang dilakukan Mancini saat laga kontra Thailand, membuat tenaga dari skuad Arab Saudi lebih bugar.

Sementera di kubu Korsel, Klinsmann melakukan tiga perubahan pada starting eleven dalam dua laga terakhir. Memasukkan Kim Tae-hwan, Kim Young-gwon dan Jeong Woo-yeong menggantikan Jung Seung-hyun, Lee Ki-je dan Park Yong-woo.

Hwang Hee-chan yang melewatkan dua game pertama karena cedera, bisa diturunkan seperti saat menghadapi Malaysia. Mereka juga masih punya senjata mematikan pada diri Lee Kang-in, Jeong Woo-yeong, dan kapten tim Son Heung-min.

5 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Arab Saudi (4-4-2): Al-Kassar; Al-Briek, Al-Tambakti, Lajami, Al-Bulaihi; Abdulhamid, Ali, Al-Malki, Ghareeb; S. Al-Dawsari, Al-Shehri

Pelatih: Roberto Mancini

 

Korea Selatan (4-4-2): Hyeon-woo; Young-woo, Seung-hyun, Min-jae, Jin-su; Kang-in, In-beom, Woo-yeong, Jae-sung; Gue-sung, Heung-min

Pelatih: Jurgen Klinsmann

Video Populer

Foto Populer