Sukses


Penampilan Timnas Indonesia pada 16 Besar Piala Asia 2023 Dipuji Media Australia: Mereka Tampil Berani

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Australia pada laga 16 besar Piala Asia 2023. Meski begitu, penampilan Tim Garuda mendapat banyak pujian, termasuk dari media Australia.

Timnas Australia bentrok dengan Timnas Indonesia di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024) malam WIB. Meski lebih diunggulkan, Socceroos mendapat perlawanan sengit dari Tim Garuda pada awal laga.

Beberapa kali, Timnas Indonesia mampu melancarkan serangan yang mengancam gawang Australia. Diawali bola hasil tembakan Rafael Struick pada menit ke-6, Justin Hubner menit ke-23, dan Yakob Sayuri menit ke-39. Namun, tidak ada satu pun yang membuahkan hasil.

Australia pada akhirnya mampu membungkam Tim Garuda empat gol tanpa balas. Keempat gol Timnas Australia ke gawang Timnas Indonesia tercipta atas nama Elkan Baggott (12' OG), Martin Boyle (45'), Craig Goodwin (89'), dan Harry Souttar (90'+1').

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tampil Berani

Kendati takluk dari Timnas Australia, penampilan Tim Garuda mendapat apresiasi dari media Australia. The Sydney Morning Herald menyebut tim asuhan Shin Tae-yong tersebut tampil berani.

"Mereka yang menginginkan hasil mendapatkan apa yang mereka inginkan: kemenangan 4-0 atas Indonesia. Namun, mereka yang mencari peningkatan dalam penguasaan bola akan kecewa," tulis The Sydney Morning Herald.

"Tidak dapat mempertahankan penguasaan bola lebih lama dari beberapa umpan, permainan di belakang Australia terus mengundang tim kecil peringkat ke-146 dunia itu untuk ikut bermain, dan tim yang lebih baik mungkin akan menerima tawaran baik tersebut."

"Papan skor membuat pertandingan ini tampak lebih meyakinkan daripada yang sebenarnya, karena gol ketiga dan keempat Australia terjadi pada menit-menit akhir, ketika perlawanan berani Timnas Indonesia akhirnya kehabisan tenaga," lanjut artikel tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Pertahanan Australia Panik

Sementara itu, ABC News menyebut dukungan suporter membuat Timnas Indonesia tampil percaya diri. Tekanan fans Tim Garuda itu membuat lini belakang Timnas Australia menjadi panik.

"Dengan hadirnya suporter pendukung Timnas Indonesia yang menimbulkan suasana yang bersemangat dan terbatas membuat lini belakang Australia tampak panik," tulis ABC News.

"Hanya tiga menit setelah pertandingan, pemain Indonesia, Rafael Struick, melepaskan tembakan jarak dekat yang melambung di atas mistar gawang. Satu dari lima tembakan pada babak pertama yang dilakukan pemain dari tim peringkat 146 dunia itu."

4 dari 4 halaman

Bersua Lawan Tangguh

Berkat kemenangan atas Indonesia, Timnas Australia melenggang ke perempat final Piala Asia 2023. Mereka terus menjaga asa untuk meraih trofi Piala Asia, setelah terakhir kali diraih pada 2015.

Pada babak delapan besar, Timnas Australia bakal menghadapi pemenang antara Arab Saudi atau Korea Selatan. Kedua tim tersebut baru akan menjalani laga 16 besar di Education City Stadium, Al Rayyan, 30 Januari 2024.

Adapun duel perempat final antara Australia versus pemenang Arab Saudi kontra Korea Selatan akan berlangsung di Al Janoub Stadium, Al Wakrah pada 2 Februari mendatang.

Video Populer

Foto Populer