Sukses


5 Pemain Lokal Timnas Indonesia yang Punya Rapor Bagus Sepanjang Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain lokal Timnas Indonesia mampu mengukir penampilan yang cukup memuaskan sepanjang Piala Asia 2023. Mereka sukses membayar kepercayaan yang telah diberikan pelatih Shin Tae-yong.

Pesona para pemain lokal ini tetap tak pudar meskipun Timnas Indonesia diperkuat banyak pemain naturalisasi. Tercatat, ada delapan amunisi naturalisasi yang dibawa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Hadirnya para pemain keturunan ini memang sangat membantu Tim Garuda hingga lolos ke-16 besar. Namun, kiprah para pemain lokal Timnas Indonesia di kejuaraan juga tak kalah istimewa.

Tercatat, ada lima pemain lokal Timnas Indonesia yang mampu menjaga performanya konsisten dari penyisihan grup hingga 16 besar Piala Asia 2023. Berikut ini Bola.com menyajikan nama-namanya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan menjadi satu di antara pemain lokal yang paling diandalkan Shin Tae-yong selama Piala Asia 2023. Winger berusia 19 tahun itu selalu mendapat kesempatan bermain penuh bersama Timnas Indonesia.

Dari total empat pertandingan, pemain asal klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, itu selalu turun sebagai starter. Tak hanya itu, dia juga mengukir menit bermain utuh selama 2x45 menit.

Satu di antara kontribusi terbaik bekas pemain Persebaya Surabaya itu ialah mengukir satu gol ke gawang Irak. Pada laga pertama Grup A, Marselino sukses menyontek umpan matang Yakob Sayuri.

 

3 dari 6 halaman

Yakob Sayuri

Penampilan konsisten juga sukses ditampilkan Yakob Sayuri. Pemain asal PSM Makassar tersebut menjadi satu di antara amunisi lokal yang mendapat kepercayaan penuh dari Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Pasalnya, Yakob tak pernah absen dari daftar 11 utama skuad Garuda. Namanya selalu muncul sebagai starter pada empat pertandingan di kejuaraan ini. Aksi terbaiknya tersaji pada laga kontra Irak.

Ketika itu, penetrasinya berhasil menghasilkan umpan matang yang dieksekusi Marselino Ferdinan. AFC pun menjuluki umpan gol ini sebagai "World Class Assist".

 

4 dari 6 halaman

Rizky Ridho

Hadirnya sederet pemain naturalisasi di sektor pertahanan membuat Rizky Ridho harus berjuang untuk mendapatkan kesempatan bermain. Di Piala Asia 2023, Ridho hanya dua kali menjadi starter.

Namun, saat mendapatkan kesempatan bermain, bek Persija Jakarta itu sukses memberikan penampilan terbaiknya. Pemain berusia 22 tahun tersebut tetap bisa bersaing dengan cukup apik.

Meskipun bisa bermain cukup konsisten, satu di antara kekurangan yang masih harus diperbaiki Rizky Ridho ialah power-nya. Dia sempat kalah duel udara melawan striker Irak, Aymen Hussein.

 

5 dari 6 halaman

Pratama Arhan

Pratama Arhan termasuk sebagai satu di antara pemain lokal yang bisa bermain impresif di Piala Asia 2023. Pemain berusia 22 tahun itu berhasil mengamankan posisi utama di sektor bek kiri pada tiga laga awal.

Arhan tercatat selalu bermain sebagai starter pada fase penyisihan grup. Dia juga tak tergantikan karena bermain 2x45 menit. Hanya pada laga kontra Australia, dia harus duduk di bangku cadangan.

Ini memang menjadi fenomena unik. Sebab, Arhan sempat mengikuti sesi konferensi pers jelang laga, tetapi justru tak dimainkan Shin Tae-yong. Terlepas dari catatan ini, performa Arhan di hajatan ini layak diapresiasi.

 

6 dari 6 halaman

Ernando Ari Sutaryadi

Pemain lokal terakhir yang selalu mencatatkan penampilan pada empat pertandingan di Piala Asia 2023 ialah Ernando Ari Sutaryadi. Dia menjadi penjaga gawang andalan Timnas Indonesia di kejuaraan ini.

Ernando tercatat selalu bermain penuh selama 2x45 menit. Kondisi inilah yang membuat dua kiper lainnya, Muhammad Riyandi dan Nadeo Argawinata, harus puas menjadi penghangat bangku cadangan.

Dari empat penampilan itu, Ernando memang hanya bisa mengukir satu kali nirbobol, tepatnya saat menang 1-0 atas Vietnam. Adapun tiga laga lainnya menghasilkan total 10 kebobolan.

Video Populer

Foto Populer