Sukses


Rapor Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Tak Semua Meyakinkan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023. Tim Garuda kalah 0-4 dari Timnas Australia, Minggu (28/1/2024).

Perjuangan Timnas Indonesia selama berlaga di Piala Asia 2023 layak mendapatkan apresiasi. Sebab, untuk kali pertama Tim Garuda mampu melaju ke fase gugur ajang tersebut.

Namun, harus pula diingat fakta pada kelolosan Timnas Indonesia itu. Faktor keberuntungan cukup berperan besar dalam laju tim asuhan Shin Tae-yong ke babak 16 besar.

Performa para pemain keturunan dan naturalisasi juga menjadi sorotan selama Piala Asia 2023. Bola.com mencoba memberikan nilai terhadap penampilan mereka selama di Qatar.

Siapa kira-kira yang akan mendapatkan nilai tertinggi?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Ivar Jenner - 7

Ivar Jenner bisa dikatakan sebagai pemain Timnas Indonesia paling konsisten di sepanjang Piala Asia 2023. Pemain berusia 20 tahun itu selalu dimainkan oleh Shin Tae-yong.

Ivar Jenner akan menjadi aset tersendiri bagi sepak bola Indonesia di masa depan. Apalagi usianya yang masih sangat muda.

3 dari 9 halaman

Sandy Walsh - 7

Sandy Walsh tak langsung menjadi pilihan utama di Piala Asia 2023. Namun, perlahan tapi pasti, Walsh menunjukkan kemampuan asli yang ia miliki.

Sandy Walsh pun sangat nyaman bermain sebagai bek tengah. Laga melawan Vietnam menjadi penampilan terbaik Walsh di Piala Asia 2023.

4 dari 9 halaman

Justin Hubner - 7

Penampilan Justin Hubner pun tak kalah menarik perhatian. Secara mengejutkan pemain berusia 20 tahun itu tampil sangat baik sebagai gelandang bertahan.

Posisi yang sebenarnya cukup asing bagi Hubner. Sebab, selama ini ia lebih akrab dengan posisi bek tengah.

5 dari 9 halaman

Jordi Amat - 6,5

Sebagai pemain paling senior di Timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia 2023, ada harapan besar di pundak Jordi Amat.

Namun, Amat tak selalu tampil konsisten. Beberapa kali ia melakukan kesalahan yang cukup fatal. Meski di sisi lain kepemimpinannya juga sangat dibutuhkan.

6 dari 9 halaman

Elkan Baggott - 6,5

Elkan Baggott jelas sangat berbahaya dalam duel udara. Terutama jika situasi bola mati.

Namun, beberapa kali kelemahan Baggott terlihat selama Piala Asia 2023. Pemain berusia 21 tahun itu kerap kerepotan ketika diajak adu lari olah lawan.

7 dari 9 halaman

Rafael Struick - 6,5

Rafael Struick selalu dimainkan oleh Shin Tae-yong di posisi ujung tombak selama Piala Asia 2023. Struick sama sekali tidak bisa mencetak gol.

Namun, kontribusinya dalam melindungi bola dan menciptakan peluang untuk pemain lain tak bisa diabaikan.

8 dari 9 halaman

Shayne Pattynama - 6

Shayne Pattynama telat bergabung dengan skuad Piala Asia 2023. Sebab, ia harus kembali ke Belanda untuk merawat ibunya yang tengah sakit.

Pattynama mencatatkan satu penampilan di Piala Asia 2023. Ia dimainkan selama 90 menit saat Timnas Indonesia menghadapi Timnas Australia di babak 16 besar.

9 dari 9 halaman

Marc Klok 5,5

Marc Klok hanya menjadi cameo di Piala Asia 2023. Klok hanya bermain sekali sebagai pemain pengganti saat Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak.

Performanya pun tak begitu terlihat. Klok juga tak bisa berbuat banyak dengan minimnya kesempatan yang didapatkan. 

Video Populer

Foto Populer