Sukses


BRI Liga 1: Carlos Fortes, Fenomena Pemain Portugal yang Bikin Haru Biru Dua Tim Biru di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Carlos Fortes mengejutkan jagat sepak bola Indonesia. Tak ada angin dan badai, tiba-tiba Fortes resmi menyampaikan salam perpisahan dengan PSIS Semarang, Selasa (30/1/2024).

Otomatis laga tunda PSIS kontra Persebaya yang berakhir imbang 1-1 di Stadion GBT Surabaya menjadi penampilan terakhir Fortes di BRI Liga 1 2023/2024.

Praktis penyerang asal Portugal ini telah berkarir di Indonesia selama 2,5 musim. Meski hanya seumur jagung, namun Fortes meninggalkan kesan mendalam bagi publik di Tanah Air. Khususnya dua klub dengan warna kebesaran biru, yakni Arema FC dan PSIS.

Sejak pertama kali didatangkan Arema FC hingga pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/2024, Carlos Fortes telah tampil sebanyak 68 pertandingan. Pemilik tendangan geledek ini total mencetak 30 gol dan enam assist.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Moncer di Arema

Pemain kekar berpostur 1,8 meter ini sempat tampil fenomenal bersama Arema FC pada musim 2021/2022.

Dia jadi pesaing utama striker milik Bali United, Ilija Spasojevic, untuk meraih sepatu emas. Koleksi 30 gol Fortes hanya terpaut tiga bola dari Spasojevic untuk menjadi topskorer pada musim itu.

Kepindahan Carlos Fortes dari Arema FC ke PSIS menjadi saga terpanas bursa transfer musim berikutnya. Pasalnya diam-diam pemain berusia 29 tahun itu bernegosiasi dan resmi pindah ke Semarang.

Meski kontrak dengan Arema FC telah berakhir, sebenarnya pihak Singo Edan masih ingin mempertahankan Carlos Fortes.

3 dari 5 halaman

Diganggu Cedera

Namun musim pertama karir Fortes di skuad Mahesa Jenar tak berjalan semulus seperti di Arema FC. Dia mengalami cedera hamstring parah. Dia harus menjalani operasi serta perawatan dalam waktu panjang.

Kendati begitu, manajemen PSIS sangat sayang kepada Fortes. PSIS tak memutus kontrak dan sabar menunggu pulihnya Fortes. Alhasil, Fortes hanya mampu bermain sebanyak 17 laga dengan sumbangan tiga gol.

4 dari 5 halaman

Petualangan Baru

Sebuah statistik yang njomplang bila dibandingkan kiprahnya bersama Arema FC yang hampir memainkan seluruh laga pada musim 2021/2022, yakni sejumlah 31 pertandingan.

Musim ini, Fortes ujug-ujug memutus kontraknya. Padahal PSIS sedang bersaing ketat di posisi empat besar. Tanpa Fortes mampukah PSIS memenuhi ambisinya untuk berebut tiket ke fase Championship Series?

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Peringkat PSIS Musim Ini

Video Populer

Foto Populer