Sukses


Ulasan Rapor Para Wakil ASEAN di Piala Asia 2023: Timnas Indonesia dan 3 Tim Lain Tak Bapuk-Bapuk Amat

Bola.com, Jakarta - Berakhir sudah perjalanan empat wakil ASEAN, termasuk Timnas Indonesia di kancah persaingan Piala Asia 2023. Tidak ada satu pun wakil dari negara di Kawasan Asia Tenggara yang melaju lebih jauh.

Timnas Indonesia dan Thailand menjadi tim yang melaju paling jauh dari para wakil ASEAN lainnya di Piala Asia edisi Qatar kali ini.

Kedua tim sama-sama sukses melangkah ke babak 16 besar. Namun perjalanan harus terhenti setelah menyerah dari lawan-lawannya. Sementara Malaysia dan Vietnam pulang lebih cepat di fase grup.

Kiprah keempat wakil Asia Tenggara tak jelek-jelek amat di Qatar. Berikut ini Bola.com merangkum rapor dari empat wakil ASEAN yang tampil di Piala Asia 2023.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Membanggakan

Kata tersebut layak untuk mengulas rapor Thailand selama melakoni Piala Asia 2023. Perjalanan Thailand memang hanya sampai di babak 16 besar, namun performa mereka cukup mengesankan.

Thailand mampu finish di posisi runner-up Grup F selama babak penyisihan dan lolos ke 16 besar menemani Arab Saudi yang menjadi juara grupnya.

Hebatnya, pasukan Masatada Ishii menjadi satu-satunya tim yang tidak kebobolan selama fase grup di Piala Asia kali ini. Hasilnya adalah menggasak Kirgistan (2-0), serta dua kali imbang dengan skor identik 0-0 versus Oman dan Arab Saudi.

Sayangnya, Suphacok Sarachat dkk. harus mengakui kehebatan Uzbekistan meski memberikan perlawanan sengit di fase 16 besar. The War Elephant kalah tipis 1-2 dan harus pulang lebih cepat.

3 dari 6 halaman

Rekor Merah-Putih

Beralih untuk rapor Timnas Indonesia. Sama seperti Thailand, tim Merah-putih harus puas melaju hingga babak 16 besar, karena menyerah di tangan Australia.

Pasukan Shin Tae-yong kalah telak 0-4 dari Socceroos dan angkat koper dari Qatar. Namun kredit poin layak diberikan untuk skuad Garuda karena untuk pertama kalinya mereka lolos ke 16 besar Piala Asia dalam lima kali keikutsertaan sepanjang sejarahnya.

Di babak penyisihan grup, Marselino Ferdinan dkk. meraih satu-satunya kemenangan saat melawan Vietnam dengan skor 1-0 melalui gol Asnawi Mangkualam. Dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan identik 1-3 melawan Irak dan Jepang.

Alhasil, Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik, setelah hasil di laga lain Kirgistan menahan imbang Oman.

4 dari 6 halaman

Happy Ending Harimau Malaya

Wakil ASEAN berikutnya adalah Malaysia. Laju mereka hanya sampai di babak penyisihan grup, setelah menjadi juru kunci grup E dengan nilai satu.

Malaysia tak kuasa dibungkam Yordania empat gol tanpa balas. Kemudian kalah menyakitkan di pengujung laga saat melawan Bahrain dengan skor 0-1.

Namun Malaysia sukses mencatat hasil apik di laga terakhirnya. Secara dramatis pasukan Kim Pan-gon mampu menahan imbang macan Asia, Korea Selatan dengan skor 3-3. Pemain naturalisasi, Romel Morales mencetak gol untuk Harimau Malaya di pengujung laga.

5 dari 6 halaman

Vietnam Babak Belur

Vietnam menjadi wakil ASEAN dengan rapor terburuk di Piala Asia 2023. Mereka belum pernah meraih poin selama penampilannya di Qatar.

Tiga laga yang dilakoni Vietnam selalu berujung pada kekalahan. Yaitu dihajar Jepang (2-4), menyerah dari Timnas Indonesia (0-1), dan kalah tipis dari Irak (2-3).

Tim besutan Philippe Troussier menjadi juru kunci Grup D. Meski demikian, Vietnam menjadi tim yang paling produktif dari para wakil ASEAN lainnya di Piala Asia kali ini dengan jumlah 4 gol.

6 dari 6 halaman

Klasemen Rapor Wakil-Wakil ASEAN di Piala Asia 2023

 

Rapor Tim ASEAN di Piala Asia 2023

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Thailand  4  1  2  1  3-2  5
2  Indonesia  4  1  0  3  3-10  3
3  Malaysia  3  0  1  2  3-8  1
4  Vietnam  3  0   0  3  4-8  0

Video Populer

Foto Populer