Sukses


PSBS Biak, Matahari dari Timur yang Coba Kembalikan Kejayaan Bumi Cendrawasih di Liga 1

Bola.com, Jakarta - Pegadaian Liga 2 2023/2024 sudah memasuki babak semifinal. Empat Tim dipastikan lolos yaitu PSBS Biak, Semen Padang, Persiraja Banda Aceh, danĀ Maluku United.

Empat Tim ini akan bersaing menjadi tiga Tim yang promosi ke Liga 1 musim depan.

Yang menarik tentu saja ada performa PBS Biak. Mereka mencoba untuk bisa lolos ke kasta tertinggi Sepak bola Indonesia. Kali terakhir PSBS Biak mencapai prestasi tertinggi adalah juara Divisi 1 Liga Indonesia pada tahun 2010. Selebihnya, nama PSBS Biak seakan tenggelam dibawah bayang-bayang Persipura Jayapura.

Selain Persipura, Masih ada Persis Wamena, atau Persiram Raja Ampat yang juga pernah merasakan atmosfer kasta tertinggi Sepak bola Indonesia.

Di Pegadaian Liga 2 2023/2024, PSBS tampil begitu superior. PSBS Biak adalah Tim pertama yang lolos ke semifinal musim ini. Badai Pasifik, julukan PSBS Biak, berhasil mengunci tiket semifinal setelah menahan imbang Gresik United di group Z.

Ambisi PSBS Biak pun Besar musim ini. Bukan hanya sekadar rpomosi ke Liga 1 musim depan, tetapi bisa menjadi juara Pegadaian Liga 2 2023/2024.

MelihatĀ situasi yang ada sekarang, ada beberapa faktor pendukung mengapa PSBS Biak begitu superior di Liga 2 musim ini. Berikut catatan Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Finansial

Mungkin dibandingkan kontestan lainnya, PSBS Biak menjadiĀ satu di antara tim dengan kondisi finansial yang mumpuni.

Beberapa sponsor berhasil masuk ke Biak. Mulai dari PT Freeport hingga perusahaan pengekspor ikan tuna.

Sebelum Pegadaian Liga 2 musim ini, PSBS Biak bahkan melakukan pemusatan latihan di Bali selama dua pekan. Kebetulan sponsor Utama PSBS juga memiliki Kantor di Bali. Tercatat, empat sponsor besar yang masuk ke skuad PSBS Biak musim ini.

3 dari 4 halaman

Pemain Naturalisasi dan Asing yang Tepat

PSBS Biak mungkin menjadi salah satu tim di Liga 2 dengan jumlah pemain naturalisasi terbanyak. Sebelum bergulirnya kompetisi, Manajemen PSBS Biak mendatangkan mantan penyerang Persipura Jayapura dan Madura, United Alberto Goncalves.

Lalu ada eks bek Persis Solo Fabiano Beltrame. Osas Saha yang merupakan mantan penyerang Persikabo 1973 juga berhasil didatangkan oleh PSBS Biak. Jangan lupakan juga Fabiano Beltrame yang juga didatangkan Manajemen PSBS Biak.

Di samping itu, ada juga beberapa pemain asing yang didatangkan seperti bek tengah asal Korea Selatan, Do-teon Hwang DanĀ  penyerang asal Brasil Alexsandro.

4 dari 4 halaman

Pulangkan Putra Daerah

Putra Papua di berbagai klub di Liga 1 dan Liga 2, berhasil dipulangkan PSBS Biak musim ini. Termasuk para pemain Persipura Jayapura yang memilih berlabuh ke PSBS. Misalnya mantan pemain Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi.

Lalu eks Madura United vendry Mofu. Muhammad Tahir yang sebelumnya berseragam Persipura juga akhirnya memilih pinangan PSBS Biak. Termasuk Nelson Alom, Geri Mandagi, dan Israel Wamiau.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer