Sukses


Pelatih Sabah FC Nasihati dan Dukung Saddil Ramdani Kembali ke Timnas Indonesia: Kariermu Belum Berakhir

Bola.com, Kota Kinabalu - Pelatih Sabah FC, Ong Kim Swee, menasihati pemainnya, Saddil Ramdani, yang gagal bermain untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar. Apa kata mantan arsitek Timnas Malaysia itu?

Saddil Ramdani sempat masuk dalam daftar 26 pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023, namun dipulangkan oleh pelatihnya, Shin Tae-yong, di detik-detik akhir sebelum turnamen dimulai.

Akibatnya, Saddil Ramdani tidak terlibat ketika Timnas Indonesia mampu mencetak sejarah dengan pertama kalinya lolos ke babak gugur Piala Asia 2023, tepatnya melaju ke 16 besar.

"Saddil dan semua pemain harus paham, jika mereka berada di klub dan tim nasional itu berbeda. Setiap pelatih memiliki rencana sendiri," kata Ong Kim Swee kepada media Malaysia, Astro Arena, dinukil dari Makan Bola.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penampilan Baru

Setelah tersisih dari skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023, Saddil Ramdani sempat pulang ke kampung halamannya di Sulawesi Tenggara sebelum kembali ke Sabah FC.

Saddil juga telah mengikuti latihan bersama Sabah FC. Penampilan winger berusia 24 tahun itu terlihat berbeda karena memotong dan mewarnai rambutnya.

"Apa yang penting di sini adalah jika Saddil dicoret, ini tidak bermakna karier Saddil telah berakhir. Kami di Sabah FC masih memiliki banyak kejuaraan yang perlu ditempuh," imbuh Ong Kim Swee.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SADDIL RAMDANI (@saddilramdanii)

3 dari 4 halaman

Pelajaran untuk Saddil Ramdani

Ong Kim Swee meminta Saddil untuk menyikapi kejadian pencoretan dari Piala Asia 2023 dengan dewasa sehingga membuatnya termotivasi untuk kembali ke Timnas Indonesia.

"Saddil perlu menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran dan pada masa depan. Dia akan menjadi lebih matang selain membuktikan pada masa akan datang agar beliau dia kembali bersama Timnas Indonesia," tuturnya.

4 dari 4 halaman

3 Kemungkinan

Sebelumnya, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengungkapkan tiga kriteria Shin Tae-yong dalam memilih pemain untuk Piala Asia 2023 yang kemungkinan membuat Saddil terdepak dari Timnas Indonesia.

"Yang pertama kalau kita berbicara penilaian yang sudah sama-sama kami jalankan. Pertama performa, dua attitude, dan tiga kedisiplinan," ujar Sumardji dalam YouTube Nalar TV Indonesia yang tayang pada 12 Januari 2024.

"Ketiga tiga hal ini ada yang dilanggar dan tidak sesuai dengan apan yang digariskan, kami sudah mempunyai ketentuannya. Pemain tidak boleh begini-begini, tidak boleh melanggar," tutur Sumardji.

Sumber: Astro Arena, Makan Bola

Video Populer

Foto Populer