Sukses


BRI Liga 1: Ernando Jadi Tumbal Kemenangan Persebaya, Cedera Bahu kontra Bhayangkara

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya mengalami nasib apes setelah sukses menang 1-0 atas Bhayangkara FC. Dalam laga itu, penjaga gawang Ernando Ari tidak bisa menyelesaikan pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/2024 tersebut (4/2/2024).

Bajul Ijo melakukan pergantian penjaga gawang di pengujung laga dengan menarik keluar Ernando Ari dan memasukkan Andhika Ramdhani. Penyebabnya, Ernando mengalami cedera bahu di menit ke-87.

Itu bermula dari upaya Ernando mencoba mengantisipasi eksekusi tendangan bebas Matias Mier. Dia mengeluh kesakitan di bagian bahu dan ditandu keluar lapangan setelahnya.

Pelatih Persebaya, Paul Munster, menunggu hasil observasi dokter terkait cedera yang dialami Ernando.

“Kondisi dia pastinya harus dikonfirmasi terlebih dahulu dengan dokter ahli, kami bawa langsung ke rumah sakit. Saya raya dia mengalami dislokasi,” ungkap Paul Munster. 

2 dari 4 halaman

Piala Asia

Ernando sebenarnya baru saja bergabung kembali dari Timnas Indonesia. Dia merupakan kiper pilihan utama Timnas Indonesia sepanjang Piala Asia 2023 di Qatar. 

Dia mencatatkan satu clean sheet, yakni saat skuat Garuda menang 1-0 atas Vietnam yang merupakan satu-satunya kemenangan di turnamen itu.

Kiper asli Semarang itu juga tampil saat Timnas Indonesia melakoni babak 16 besar melawan Australia (28/1/2024). Sayangnya, dia kebobolan empat gol dalam laga yang berakhir 4-0 untuk Australia itu.

“Saya harus berdiskusi dengan dokter juga nantinya, apakah cederanya serius atau tidak. Mungkin akan istirahat satu sampai dua minggu, baru bisa bergabung lagi dengan tim,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Pengganti di Persebaya

Situasi itu memaksa Ernando absen dalam laga tunda pekan ke-20 kontra PSIS Semarang, Selasa (30/1/2024). Padahal, dia sebenarnya merupakan putra asli Semarang. Duel ini seharusnya jadi kesempatan lagi buatnya menghadapi tim asal kota kelahirannya. 

Sebagai pengganti, Andhika Ramadhani diturunkan dalam laga kontra PSIS yang berakhir 1-1. Duel itu memperpanjang rekor Persebaya menjadi 10 laga tanpa kemenangan secara beruntun di Liga 1 musim ini.

4 dari 4 halaman

Buka Puasa Kemenangan

Raihan tiga poin atas Bhayangkara akhirnya mengakhiri paceklik kemenangan Persebaya. Kali terakhir mereka menang terjadi saat Persebaya unggul 3-1 melawan Arema FC pada 23 September 2023.

Artinya, Persebaya sudah empat bulan lebih tidak merasakan tiga poin. Bahkan, rentetan hasil tanpa kemenangan itu dilewati sejak putaran pertama hingga memasuki putaran kedua, juga termasuk telah mengalami pergantian tahun.

Berkat tambahan tiga angka, Persebaya kini menduduki posisi ke-12 klasemen sementara. Mereka mampu mengoleksi 30 poin dalam 24 pertandingan yang telah dilakoni musim ini.

Video Populer

Foto Populer