Sukses


Piala Asia 2023: Ilusi Final Idaman Jepang Vs Korea Selatan, Skenario yang Terlalu Cepat Layu Sebelum Berkembang

Bola.com, Jakarta Piala Asia 2023 tinggal dua langkah lagi akan berakhir. Ada satu fakta yang sudah dipastikan, final idaman Korea Selatan versus Jepang ternyata hanya ilusi. 

Qatar, yang notabene merupakan tuan rumah sekaligus juara bertahan, memang kurang dianggap sebagai finalis ideal. Mayoritas publik menginginkan Jepang dan Korea Selatan untuk bentrok di partai puncak.

Alasannya, dua negara itu menurunkan pemain-pemain berkelas yang memperkuat sejumlah klub Eropa.

Di kubu Jepang, ada Ko Itakura dari Borussia Monchengladbach, Wataru Endo dari Liverpool, Kaoru Mitoma dari Brighton, Takumi Minamino dari AS Monaco, Ritsu Doan dari Freiburg, Takefusa Kubo dari Real Sociedad, hingga Takehiro Tomiyasu dari Arsenal.

Di pihak Korea Selatan, ada Kim Min-jae dari Bayern Munchen, Hwang In-beom dari Red Star Belgrade, Lee Jae-sung dari Mainz, Hwang Hee-chan dari Wolverhampton, Lee Kang-in dari PSG, sampai Son Heung-min dari Tottenham.

Namun, Korea Selatan kandas di semifinal. Sementara itu, Jepang angkat koper lebih cepat usai tersingkir di perempat final.

Final idaman Jepang vs Korea Selatan di Piala Asia 2023 pun kini tinggal ilusi belaka. Bahkan, skenario final idaman itu terlalu cepat layu sebelum berkembang. 

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sepak Terjang Jepang di Piala Asia 2023

Jepang tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Timnas Indonesia. Dua gol Takumi Minamino membantu Jepang menang 4-2 atas Vietnam di laga pertama.

Akan tetapi, Jepang kalah 1-2 dari Irak di laga kedua. Satu gol Wataru Endo sifatnya hiburan belaka karena tercipta di pengujung laga.

Pada laga terakhir fase grup, Jepang mengalahkan Indonesia 3-1. Dua dari tiga gol Jepang dicetak oleh Ayase Ueda. Jepang finis dengan enam poin sebagai runner-up, tiga poin di belakang Irak.

Di babak 16 besar, Jepang bertemu dengan Bahrain. Jepang menang 3-1 melalui gol-gol Ritsu Doan, Takefusa Kubo, dan Ayase Ueda.

Jepang lalu jumpa Iran di perempat final. Jepang memimpin lewat gol Hidemasa Morita di menit 28, tapi akhirnya kalah 1-2 usai kebobolan di menit 55 dan menit 90+6 (penalti). Langkah Jepang pun terhenti.

 

3 dari 4 halaman

Kiprah Korea Selatan di Piala Asia 2023

Sama seperti Jepang, Korea Selatan juga finis sebagai runner-up di grupnya. Korea Selatan finis dengan lima poin, satu poin di belakang Bahrain.

Pada laga pertama, satu gol Hwang In-beom dan dua gol Lee Kang-in memberi Korea Selatan kemenangan 3-1 atas Bahrain. Namun, Korea Selatan kemudian imbang di laga kedua dan laga ketiga.

Korea Selatan imbang 2-2 dengan Yordania, kemudian ditahan Malaysia 3-3. Son Heung-min menyumbang masing-masing satu gol penalti dalam dua laga tersebut.

Di babak 16 besar, Korea Selatan nyaris disingkirkan Arab Saudi. Tertinggal di menit 46, Korea Selatan menyamakan kedudukan secara dramatis melalui Cho Gue-sung di menit 90+9. Setelah extra time, Korea Selatan menang adu penalti 4-2.

Di perempat final, Korea Selatan bertemu dengan Australia, yang sebelumnya menyingkirkan Indonesia di babak 16 besar. Korea Selatan lagi-lagi nyaris kandas. Tertinggal di menit 42, penalti Hwang Hee-chan menit 90+6 membawa laga ke extra time. Son Heung-min kemudian memastikan kemenangan dengan golnya di menit 104.

Korea Selatan lalu jumpa Yordania di semifinal. Kali ini, Korea Selatan bukan lagi nyaris kalah, tapi benar-benar kalah. Mereka kalah 0-2 oleh gol-gol Yordania yang tercipta di menit 53 dan 66.

 

4 dari 4 halaman

Final Piala Asia 2023: Yordania vs Iran/Qatar

Yordania menyingkirkan Korea Selatan dan lolos ke final. Pada partai puncak di Lusail Stadium nanti, Yordania akan menghadapi salah satu dari Iran atau Qatar.

Final idaman Jepang vs Korea Selatan? Itu kini tinggal cerita.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, published 7/2/2024) 

 

Video Populer

Foto Populer