Sukses


Proses Naturalisasi 2 Pemain Belanda untuk Timnas Indonesia Melambat, Ini Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Proses naturalisasi dua pemain kelahiran Belanda untuk Timnas Indonesia melambat. Keduanya adalah Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa prosedur perpindahan kewarganegaraan keduanya hendak diteruskan ke DPR.

Masalahnya, DPR tengah masa reses mulai 7 Februari 2024 hingga 4 Maret 2024 sehingga naturalisasi Oratmangoen dan Thom Haye belum bisa dibahas oleh DPR.

"Untuk Oratmangoen dan Thom Haye sudah beres di pemerintah. Kami mau majukan ke DPR. Tetapi, DPR reses sampai Maret 2024," ujar Arya.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Terancam Gagal Debut pada Maret 2024

Nah, pada 21 dan 26 Maret 2024, Timnas Indonesia akan melanjutkan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F melawan Timnas Vietnam dua kali.

Dikhawatirkan jika pengajuan naturalisasinya tidak dikebut, Oratmangoen dan Thom Haye gagal membela Timnas Indonesia pada akhir bulan depan.

"Makanya, kami tidak bisa menyalahkan siapa pun. Sebab, memang jadwalnya begitu. Tidak bisa juga kami tiba-tiba minta demi ini atau demi itu. Tidak bisa," ungkap Arya.

3 dari 3 halaman

Tetap Yakin

Namun, Arya tetap optimistis naturalisasi Oratmangoen dan Thom Haye bisa rampung sebelum Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Peluangnya masih ada. Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kan agak lebih leluasa. Hingga h- sekian, pemain bisa didaftarkan," ucap Arya.

Sementara itu, masih di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Maret 2024, Timnas Indonesia sudah bisa memainkan Jay Idzes, yang naturalisasinya telah selesai pada akhir Desember tahun lalu.

Video Populer

Foto Populer