Sukses


Wahai Nathan Tjoe-A-On, Segera lah Datang ke Sini untuk Diambil Sumpah Menjadi WNI demi Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On untuk Timnas Indonesia hampir rampung. Bek kelahiran Rotterdam, Belanda, itu tinggal diambil sumpah kewarganegaraan RI.

Masalahnya, Nathan Tjoe-A-On tidak kunjung datang ke Indonesia untuk dilantik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Padahal, pengajuan perpindahan kewarganegaraan Nathan Tjoe-A-On telah selesai sejak akhir tahun lalu. Pemain berusia 22 tahun ini seharusnya bisa sah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berbarengan dengan Jay Idzes.

Namun, hanya Jay Idzes yang hadir untuk menjalani tahap akhir naturalisasi pada 28 Desember 2023, sementara Nathan Tjoe-A-On tidak.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

PSSI Mau Langsung Urus

Sejak saat itu, PSSI terus menunggu kedatangan Nathan Tjoe-A-On ke Indonesia. Untungnya, kesabaran Federasi Sepak Bola Indonesia ini masih belum habis.

"Jadi begini, Nathan Tjoe-A-On, yang penting dia datang langsung kami uruskan, begitu," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Pada Januari 2024, Nathan Tjoe-A-On baru saja pulang kampung ke Belanda dengan bergabung bersama SC Heerenveen dari Swansea City.

3 dari 3 halaman

Bisa Debut pada Bulan Depan

Swansea City, klub kasta kedua Liga Inggris, meminjamkan Nathan Tjoe-A-On hingga akhir musim ke Feyenoord, tim divisi teratas Liga Belanda.

Padahal, Nathan baru membela Swansea City pada musim panas 2023. Namun, pesepak bola yang berperan sebagai bek sayap kiri itu tidak pernah dimainkan sama sekali.

Bila naturalisasinya selesai dalam waktu dekat, Nathan Tjoe-A-On berpeluang debut dengan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Maret 2024.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer