Sukses


7 Rekor dan Fakta yang Tercipta pada Semifinal Piala Asia 2023 antara Qatar Vs Iran

Bola.com, Jakarta - Qatar berhasil lolos ke final Piala Asia 2023 dan akan bersua Yordania pada laga pemungkas. Anak asuh Marquez Lopez itu menyingkirkan tim kuat Iran pada semifinal, Rabu (7/2/2024) malam WIB.

Qatar berhasil melaju ke final Piala Asia 2023 berkat kemenangan 3-2 atas Iran. Lopez menyatakan bahwa hasil ini diperuntukkan bagi rakyat tuan rumah.

"Pertama, saya sangat bahagia untuk Qatar, masyarakat Qatar, para penggemar dan para pemain," kata pelatih dari Spanyol itu menambahkan.

"Pertandingannya sangat rumit tapi kami memainkan pertandingan besar, para pemain tidak menyia-nyiakan usaha apa pun. Sekarang kami punya satu langkah terakhir lagi untuk mempertahankan gelar kami."

Qatar merupakan juara bertahan Piala Asia, dan ini juga menjadi final kedua beruntun bagi negeri Timur Tengah tersebut. Lantas, catatan menarik apa saja yang tercipta pada laga semifinal tersebut?

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Incar Status Elite

Sukses Qatar melaju ke final makin mendekatkan mereka ke rekor ciamik. Jika berhasil keluar sebagai juara, maka mereka akan menjadi tim kelima yang sukses menenangi Piala Asia secara beruntun.

Adapun empat tim sebelumnya yang melakukan hal serupa adalah Korea Selatan, Iran, Arab Saudi dan Jepang.

 

3 dari 7 halaman

Lolos ke Final Beruntun

Memasuki abad 21, Qatar menjadi tim ketiga yang lolos ke final secara beruntun.

Dua tim lainnya adalah Australia (2011 & 2015) dan Jepang (2000 & 2004).

 

4 dari 7 halaman

Gol Kilat

Gol Sardar Azmoun pada menit 4' adalah yang tercepat yang pernah dirasakan Qatar sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Asia.

Selain itu, buat Iran, itu adalah gol tercepat di babak knock-out Piala Asia. Adapun Karim Ansarifard masih menjabat sebagai pencetak gol tercepat Iran di Piala Asia (fase grup 2004).

 

5 dari 7 halaman

Raja Penalti

Iran mencetak tiga gol penalti di Piala Asia 2023, yang merupakan jumlah gol terbanyak yang pernah dicetak sebuah tim dalam satu edisi kompetisi ini (juga Republik Korea pada edisi ini dan Jepang pada tahun 2019) sejak tahun 2007.

Faktanya, Tim Melli kini telah mencetak lima gol serupa di kompetisi ini sejak tahun 2007 dengan Jepang (delapan) menjadi satu-satunya tim yang mencatatkan lebih banyak gol penalti di Piala Asia pada periode yang sama.

 

6 dari 7 halaman

Super Afif

Setelah mencetak satu gol dan memberikan satu assist, Akram Afif dari Qatar (8 – lima gol & tiga assist) adalah penyumbang gol terbanyak pada edisi Piala Asia 2023.

Faktanya, hanya duet Qatar Afif sendiri (11 pada 2019) dan Almoez Ali (10 pada 2019) yang mencatatkan kontribusi gol lebih banyak dalam satu edisi sejak 2007.

 

7 dari 7 halaman

Pecahkan Rekor Legenda?

Setelah gol penentu kemenangannya pada menit ke-82 melawan Iran, pemain Qatar Almoez Ali (11 gol) kini menjadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Piala Asia.

Legenda Iran Ali Daei (14) yang mencatatkan lebih banyak gol di kompetisi ini.

Video Populer

Foto Populer