Sukses


Madam Pang Jadi Wanita Pertama yang Duduk di Kursi Presiden Federasi Sepak Bola Thailand

Bola.com, Bangkok - Mantan manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam atau Madam Pang, terpilih sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Dalam pemilihan yang digelar di Kantor FAT, Bangkok, pada Kamis (8/2/2024), Madam Pang menang mutlak dengan merebut 68 dari 73 suara.

Madam Pang mengalahkan empat kandidat lainnya yang terdiri dari Warong Vithawan, Phayurin Ngam Pring, Thanasak Suraprasert, dan Khomkrit Napalai.

Media Thailand, Matichon, mengabarkan Madang Pang menjadi wanita pertama yang memimpin FAT dan asosiasi sepak bola di regional Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

6 Wanita Pemimpin Federasi Sepak Bola

Sementara itu, Madam Pang adalah wanita ketujuh di dunia yang mengepalai federasi sepak bola pada saat ini setelah Debbie Hewitt di Inggris, Cindy Barlow Cone di Amerika Serikat, Lise Klaveness di Norwegia, Sonia Bien-Aime di Kepulauan Turks dan Caicos, Pascale Van Damme di Belgia, dan Anya James di Bahama.

Madam Pang menggantikan Somyot Poompanmoung yang telah delapan tahun menjadi Presiden FAT.

Sebelumnya, Madang Pang melepaskan jabatannya sebagai manajer Thailand setelah tersingkir pada 16 besar Piala Asia 2023 Qatar pada akhir Januari 2024.

3 dari 4 halaman

2,5 Tahun Jadi Manajer Thailand

Matichon mengulas kinerja Madam Pang yang menjadi manajer Thailand selama dua setengah tahun sejak 23 Agustus 2021. Mulai dari melakukan pergantian pelatih hingga menebar bonus.

Selain itu, sebagai manajer Thailand, Madam Pang cukup berprestasi. Wanita berusia 57 tahun itu mempersembahkan dua gelar Piala AFF pada 2020 dan 2022.

Dalam periode itu, Madam Pang juga mengguyur Thailand dengan bonus yang melimpah. Totalnya mencapai 55,8 juta baht atau setara dengan Rp24,7 miliar. Wow!

4 dari 4 halaman

Bonus Rp2,2 Miliar di Piala Asia 2023

Khusus untuk Piala Asia 2023, Madam Pang diklaim memberikan bonus 5 juta baht (Rp2,2 miliar) kepada Theerathon Bunmathan dkk.

Madam Pang adalah miliarder yang juga menjabat sebagai CEO Muang Thai Insurance dan chairwoman dari klub Thailand, Port FC, yang baru saja merekrut kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Madam Pang, yang lahir di Bangkok, Thailand, pada 21 Maret 1966 atau berusia 57 tahun, bakal memimpin FAT selama empat tahun hingga 2028.

Sumber: Matichon

Video Populer

Foto Populer