Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Hadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan My Dinh

Bola.com, Jakarta - Setelah Piala Asia 2023 tuntas, kini Timnas Indonesia dihadapkan pada ajang yang tak kalah bergengsi dan krusial, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada Maret 2024, Skuad Garuda akan menghadapi Vietnam dua kali, kandang dan tandang.

Kenapa krusial? Bisa jadi, dua laga kontra Vietnam bakal menentukan nasib Shin Tae-yong. Seperti diketahui, sosok asal Korea Selatan itu menjadi buah bibir yang menyoroti tentang kelanjutan kariernya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Sejak mengawali kariernya sebagai pelatih Timnas Indonesia terhitung akhir 2019, berarti Shin Tae-yong sudah empat tahun menangani Merah Putih. Kontraknya diketahui baru akan berakhir Juni 2024, dan mengenai apakah ia akan lanjut atau tidak masih diperdebatkan.

Sejak saat itu pula, Shin Tae-yong dianggap mampu memberikan warna baru buat Timnas Indonesia dan oleh para pendukungnya selalu dielu-elukan serta diharapkan bisa terus memimpin Marselino Ferdinan dkk.

Di sisi lain, bagi mereka yang merasa Shin Tae-yong tidak mengubah banyak wajah sepak bola Tanah Air, khususnya Timnas Indonesia, menganggap selama empat tahun masa jabatannya tidak begitu spesial lantaran belum ada trofi juara yang mampir.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kembali Bersua Vietnam

Timnas Indonesia akan melanjutkan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Maret dan Juni 2024. Selain itu, Skuad Garuda mempunyai jadwal untuk bermain dalam tiga periode FIFA Matchday pada 2-10 September 2024, 7-15 Oktober 2024, dan 11-19 November 2024.

Timnas Vietnam akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia pasca-Piala Asia 2023. Skuad Garuda bakal berhadapan dengan rivalnya di Asia Tenggara (ASEAN) pada Maret 2024.

Timnas Indonesia akan melanjutkan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dalam partai ketiga Grup F dengan menjamu Vietnam pada 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, gantian Skuad Garuda yang bakal bertandang ke Vietnam dalam matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sejak Piala Asia 2023, Timnas Indonesia mulai di atas angin ketika melawan Vietnam. Skuad Garuda berhasil menunjukkan hegemoninya dengan menang 1-0 atas pasukan Philippe Troussier itu.

 

3 dari 4 halaman

Ambisi Shin Tae-yong

Saat ini, Timnas Indonesia masih terdampar di dasar klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan satu poin dari dua pertandingan. Satu-satunya poin didapat ketika Saddil Ramdani cs ditahan imbang Filipina.

Adapun kekalahan didapat Timnas Indonesia dari Irak. Belakangan, Irak kerap menjadi mimpi buruk bagi Timnas Indonesia. Armada Jesus Casas itu dua kali mengalahkan Skuad Garuda dengan skor mencolok dalam dua bulan terakhir.

Irak membantai Timnas Indonesia 5-1 dalam pertandingan pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 16 November 2023. Dua bulan berselang, Irak kembali menghajar Timnas Indonesia, kali ini 3-1 dalam laga pertama Grup A Piala Asia 2023 pada 15 Januari 2024.

Tentu saja Shin Tae-yong ingin memanfaatkan dua laga melawan Vietnam untuk mendulang poin seraya menjaga kans untuk melaju ke fase berikutnya.

"Secara individu dan tim, target berikutnya kami adalah ingin menang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kami ingin lolos ke babak selanjutnya," imbuh Shin Tae-yong.

"Sebab dalam dua partai ketika melawan Irak dan Filipina, kami hanya mendapatkan satu hasil imbang dan satu kekalahan. Jadi dalam beberapa waktu ke depan, pada Maret 2024, kami ingin mendapatkan hasil bagus sehingga kami bisa lolos ke babak berikutnya."

 

4 dari 4 halaman

Jadwal

Belum diketahui secara pasti di mana dua pertandingan nanti bakal digelar di mana, namun media Vietnam, Soha, mengklaim kalau venue yang dipakai adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan My Dinh.

Babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

21 Maret 2024

  • 20.30 WIB: Indonesia Vs Vietnam

26 Maret 2024

  • 19.00 WIB: Vietnam Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer