Sukses


Setahun Berkarier di Liga Belgia, Marselino Ferdinan Rasakan Dua Aspek yang Membuatnya Berkembang Pesat

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, merasakan perkembangan yang signifikan setelah setahun berkarier bersama klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze.

Sebagai informasi, Marselino Ferdinan sebelumnya diumumkan secara resmi sebagai rekrutan KMSK Deinze pada 1 Februari 2023. Saat itu, dia meneken kontrak berdurasi satu setengah musim.

Namun, pemain kelahiran Jakarta itu memang masih kesulitan mendapatkan menit bermain yang reguler. Sebab, Marselino Ferdinan sempat diterpa cedera hamstring yang membuatnya absen cukup lama.

Pada musim pertamanya, dia mengukir satu gol dari empat pertandingan. Memasuki musim 2023/2024, pemain berusia 19 tahun itu justru lebih banyak absen karena mengalami cedera. Kini, Marselino Ferdinan akan memulai tantangan barunya setelah berhasil pulih.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dua Perkembangan Positif

Bekas pemain Persebaya Surabaya itu mengakui, sudah ada dua perkembangan singifikan yang dia rasakan sejak setahun memperkuat KMSK Deinze. Namun, Marselino juga merasa cukup tertekan karena belum sukses mendapatkan tempat utama.

“Sampai sekarang, saya sudah setahun berkarier bersama KMSK Deinze. Saya merasa bahwa pengetahuan dan skill saya telah berkembang sangat pesat,” ujar Marselino dikutip dari akun Instagram klub.

“Meskipun terkadang cukup menantang untuk menerima bahwa saya belum mengamankan posisi starting eleven, saya menyadari bahwa sepak bola di Belgia memiliki dinamika yang berbeda dengan sepak bola Indonesia,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Sadari Kekurangan Utama

Terlepas dari potensinya yang cukup besar, Marselino Ferdinan memang cukup menyadari satu kekurangan yang harus terus diperbaikinya, yakni massa otot. Sebab, hal ini berpengaruh besar saat menghadapi duel-duel dengan lawan yang punya postur khas Eropa.

Tak hanya itu, pemain yang tampil bersinar bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 ini juga memberi pesan bagi para pendukungnya. Kini, laga-laga KMSK Deinze bisa disaksikan secara live streaming di akun Facebook resmi klub.

“Saya akan terus bekerja keras untuk menambah massa otot agar bisa memiliki performa lebih baik di sini. Sekarang, pendukungku bisa mendapat kesempatan menyaksikan Liga Belgia secara lebih dekat karena pertandingan ditayangkan secara live streaming,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Ukir Penampilan Pertama

Beberapa hari yang lalu, Marselino Ferdinan sempat mengukir penampilan pertamanya pada Challenger Pro League 2023/2024. Dia bermain saat KMSK Deinze bertandang ke markas Club NXT.

Dalam pertandingan yang berlangsung di The NEST, Sabtu (3/2/2024) itu, pemain kelahiran 9 September 2004 ini masuk pada menit ke-80 untuk menggantikan Guillaume De Schryver. Sejauh ini, laga itu menjadi satu-satunya penampilan Marselino di musim 2023/2024.

Video Populer

Foto Populer