Sukses


Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dalam Angka: Skuad Garuda Dominasi Rekor Pertemuan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melanjutkan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada akhir bulan depan. Tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal dua kali melawan Timnas Vietnam.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia menantang Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi buncit Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan nol poin dari dua partai setelah kalah 1-5 dari Timnas Irak pada 16 November 2023 dan 1-1 kontra Timnas Filipina pada lima hari kemudian.

Timnas Indonesia dalam posisi rawan bahkan bisa terancam tersingkir jika gagal mengalahkan Vietnam. Berikut Bola.com merangkum duel kedua kesebelasan dalam angka.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

29

Sejak 1970, Timnas Indonesia sudah 29 kali berhadapan dengan Vietnam. Hasilnya, Skuad Garuda dominan atas pasukan dengan sebutan lain Golden Star Warriors itu.

Timnas Indonesia sepuluh kali menang atas Vietnam, sebelas kali seri, dan delapan kekalahan. Terakhir, Skuad Garuda mengalahkan Golden Star Warriors 1-0 di Piala Asia 2023.

3 dari 6 halaman

5

Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Vietnam terjadi di King's Cup pada 1970. Ketika itu, Skuad Garuda berhasil membantai Golden Star Warriors dengan mencetak lima gol dan kebobolan tiga gol.

Sementara, Timnas Indonesia pernah kalah telak dari Vietnam. Skuad Garuda dihajar empat gol tanpa balas oleh Golden Star Warriors di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Aia pada Juni 2021.

4 dari 6 halaman

2

Vietnam adalah negara ketiga tersukses untuk urusan gelar Piala AFF. Golden Star Warriors pernah tiga kali menjadi kampiun turnamen Asia Tenggara (ASEAN) itu pada 2008 dan 2018.

Sementara, Timnas Indonesia masih belum pernah memenangkan Piala AFF. Skuad Garuda cuma bisa enam kali menjadi runner-up turnamen pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

5 dari 6 halaman

7

Ada tujuh pemain dalam skuad Timnas Indonesia ketika terakhir kali melawan Vietnam di Piala Asia 2023. Ketujuhnya ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Marc Klok, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Sementara, Vietnam hanya memiliki satu pemain naturalisasi dalam skuadnya sewaktu berhadapan dengan Timnas Indonesia. Golden Star Warriors mempunyai Filip Nguyen, kiper kelahiran Republik Ceska.

6 dari 6 halaman

60

Nguyen Van Toan menjadi pemain paling berpengalaman yang bermain di kancah internasional di antara skuad Vietnam dengan Timnas Indonesia. Penyerang berusia 27 tahun itu membukukan 60 caps.

Sementara, di Timnas Indonesia, dua pemain memiliki jumlah penampilan terbanyak. Keduanya adalah Pratama Arhan dan Witan Sulaeman yang sama-sama sudah 42 kali.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer