Sukses


Mengenal Port FC, Klub Anyar Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam: Berprestasi dan Dimiliki Madam Pang

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar akan memulai petualangan barunya di Thailand. Bek berusia 24 tahun itu baru saja bergabung dengan Port FC, klub kasta tertinggi Liga Thailand.

Perekrutan Asnawi Mangkualam diumumkan pada 26 Januari 2024 lalu. Kedatangan mantan pemain PSM Makassar itu untuk mengisi kuota pemain ASEAN yang diterapkan di Thai League musim ini.

Port FC menjadi klub ketiga Asnawi diluar Indonesia. Sebelum hijarah ke Thailand, bek kelahiran 4 Oktober 1999 itu berkarier di Liga Korea Selatan. Di sana, dia memperkuat Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons.

Sementara di Indonesia, Asnawi Mangkualam tercatat pernah berseragam Persiba Balikpapan dan PSM Makassar. Dia bahkan meraih kesuksesan bersama PSM dengan menjuarai Piala Indonesia pada 2019 silam.

Jauh sebelum merekrut Asnawi, Port FC juga pernah mendatangkan talenta Indonesia. Dia adalah Terens Puhiri yang dipinjam dari Borneo FC pada musim 2018 silam.

Lantas, seperti apa profil Port FC? Bola.com merangkum sejumlah informasi perihal klub baru Asnawi Mangkualam tersebut. Simak ulasan di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Klub

Port FC didirikan pada 27 September 1967. Bisa dibilang tim berjulukan Port Lions itu merupakan salah satu klub besar di Negeri Gajah Putih. Mereka menjalani masa kejayaan hingga akhir 1990-an.

Awalnya klub ini bernama Port Authority of Thailand FC. Namun, karena regulasi yang diterapkan Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Port Lions akhirnya resmi berganti nama menjadi Port FC pada 2009.

Port FC berbasis di distrik Khlong Toei, Bangkok, Thailand. Klub ini bermarkas di PAT Stadium yang berkapasitas 8 ribu penonton.

3 dari 5 halaman

Prestasi Port FC

Prestasi Port FC sejauh ini terbilang mentereng. Mereka sudah mengoleksi tiga gelar FA Cup dan satu League Cup. Selain itu, Port Lions juga memiliki delapan trofi Kor Royal Cup serta enam Queen's Cup.

Sederet trofi tersebut menjadikan mereka sebagai salah satu klub tersukses di Thailand. Hanya saja, Port FC belum pernah menjadi juara di liga domestik.

Pada musim 2023/2024, Thai League 1 diikuti 16 kontestan klub. Port FC saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan torehan 32 poin dari 16 pertandingan.

Port FC cuma terpaut satu angka saja dari Buriram United yang menempati urutan kedua klasemen sementara Thai League 1. Adapun posisi teratas dihuni Bangkok United dengan koleksi 37 angka.

4 dari 5 halaman

Pasang Surut

Dalam sejarahnya, Port FC mengalami pasang surut prestasi. Mereka bahkan pernah dua kali terdegradasi ke Thai League 2. Periode buruk itu terjadi dalam kurun waktu lima tahun, antara 2011 hingga 2015.

Salah satu permasalahan yang dihadapi Port FC saat itu lantaran terganjal izin operasional klub. Situasi itu membikin Port Lions harus turun kasta pada musim 2013.

Pada 2017 Port FC perlahan bangkit. Puncaknya, mereka berhasil menjuarai Piala FA Thailand di musim 2019, setelah mengandaskan Ratchaburi FC dengan skor 1-0.

Sementara di kancah Asia, Port FC sudah lima kali ambil bagian di Liga Champions Asia. Pada musim ini, langkah Port Lions terhenti di fase gugur.

5 dari 5 halaman

Milik Madam Pang

Sebagai informasi, Port FC adalah klub yang dimiliki Madam Pang atau Nualphan Lamsam. Dia adalah mantan manajer Timnas Thailand, yang baru saja menjabat Ketua Umum FAT.

Madam Pang merupakan presiden sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Muang Thai Insurance, sebuah perusahaan yang menaungi Port FC.

Wanita berusia 57 tahun itu mengambil alih kursi kepemimpinan Port FC pada 2015 silam. Namun, Port FC kini dipegang sang adik, Chalermochoke Lamsam.

Di tangan Madam Pang, Port Lions mampu bangkit dan menjadi salah satu klub yang diperhitungkan, meski sempat kembali terdegradasi pada musim 2016. Dalam lima musim terakhir, Port FC tampil cukup konsisten di Thai League 1.

Mereka sukses memungkasi kompetisi dengan duduk di peringkat ketiga, masing-masing pada medio 2018, 2019, 2020/2021, dan 2022/2023. Sementara pada musim 2021/2022 Port FC menempati urutan kedelapan klasemen akhir.

Video Populer

Foto Populer