Sukses


Edy Rahmayadi Soroti Program Naturalisasi PSSI: Penduduk Indonesia 278 Juta..

Bola.com, Medan - Mantan Ketua PSSI, Edy Rahmayadi, menyoroti program naturalisasi PSSI. Pria berusia 62 tahun itu membandingkan penduduk Indonesia dengan populasi negara lain.

Edy, yang menjadi Ketua PSSI pada November 2016 hingga Januari 2019, meminta PSSI untuk mengevaluasi kebijakan menaturalisasi pemain.

"Indonesia yang berpenduduk 278 juta jiwa, menaturalisasi pemain dari negara yang berpenduduk 28 juta. Ini perlu dievaluasi," ujar Edy dinukil dari Antara.

"Sekolah-sekolah sepak bola seharusnya diperbanyak. Kalau bisa, satu desa satu lapangan. Sekarang saya melihat lebih banyak tempat jualan daripada lapangan," imbuh Edy.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Maksimalkan Ratu Tisha

Edy menganjurkan PSSI untuk memaksimalkan kompetensi Ratu Tisha Destria sebagai Wakil Ketua PSSI untuk merumuskan konsep sepak bola ke akar rumput.

"Rati Tisha mempunyai konsep yang cukup bagus. Saya yakin sekali kalau konsep Tisha dilaksanakan sampai ke tingkat provinsi, akan banyak pemain bagus yang dihasilkan," jelasnya.

Pada Januari 2017, Edy sempat mengeluhkan sedikitnya jumlah pesepak bola di Indonesia yang hanya menyentuh 67 ribu atau 0,026 persen dari jumlah penduduk Indonesia pada saat itu.

3 dari 5 halaman

Cari Pemain Susah

Dia membandingkan Belanda yang memiliki 1,2 juta pemain atau 6,8 persen dari populasi dan Spanyol yang mempunyai 1 juta pemain atau 46,8 persen dari jumlah penduduk.

Edy, yang berstatus sebagaI pembina PSMS Medan, mencontohkan bagaimana susahnya timnya mencari pemain berkualitas untuk berkompetisi di Liga 2. Pihaknya sampai harus jemput bola hingga ke Pulau Jawa.

"Saat ini susah sekali mencari pemain sepak bola. Contohnya, untuk PSMS di Liga 2, saya harus mencari pemain sampai ke Jawa Timur, Jawa Barat," ungkap Edy.

4 dari 5 halaman

Naturalisasi di Zaman Edy Rahmayadi

"Itu pun harus berebut. Begitulah sulitnya mencari atlet sepak bola ini. Kompetisi itu gol dari pembinaan," tutur eks Gubernur Sumatera Utara untuk periode 2018-2023 tersebut.

Ketika Edy masih menjadi Ketua PSSI, sedikitnya empat pemain naturalisasi aktif memperkuat Timnas Indonesia. Keempatnya adalah Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves, Ilija Spasojevic, dan Ezra Walian.

Sementara, PSSI sekarang yang dipimpin Erick Thohir sejak setahun yang lalu, telah menaturalisasi empat pemain yang meliputi Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Jay Idzes.

5 dari 5 halaman

Naturalisasi Hanya untuk Diaspora

Saat ini, PSSI masih memproses naturalisasi empat pemain. Keempatnya ialah Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

Namun, sejak era Erick Thohir, PSSI hanya menaturalisasi pemain yang berlabel diaspora alias mempunyai darah Indonesia, namun maksimal dari kakek atau neneknya demi menyesuaikan dengan Statuta FIFA.

Video Populer

Foto Populer