Sukses


Suwon FC Buka-bukaan Ingin Rekrut Asnawi Mangkualam Sebelum Pratama Arhan, tapi Batal karena Finansial

Bola.com, Jakarta - GM Suwon FC, Choi Soon-ho, buka-bukaan bahwa pihaknya sebenarnya menjadikan Asnawi Mangkualam sebagai prioritas sebelum mengalihkan pilihan ke Pratama Arhan.

Namun, Suwon FC gagal mendapatkan Asnawi. Choi Soon-ho mengatakan bahwa alasannya karena faktor finansial, tetapi tidak disebutkan secara detail.

"Ya, memang benar bahwa kami mencoba untuk mendatangkan Asnawi sebelum kami merekrut Pratama Arhan," ujar Choi Soon-ho dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

"Tetapi, karena masalah keuangan dan sejenisnya, kami tidak benar-benar bisa menggaetnya. Jadi, itu memang benar," jelas pria berusia 62 tahun tersebut.

2 dari 4 halaman

Boyong Pratama Arhan dengan Gratis

Suwon FC baru saja memboyong Pratama Arhan secara gratis pada awal tahun ini karena kontraknya tidak diperpanjang oleh klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy.

Sementara, Asnawi memilih berlabuh ke tim divisi teratas Liga Thailand, Port FC, setelah tiga musim berkancah di Korea Selatan bersama Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons.

Asnawi dua musim membela Ansan Greeners di divisi kedua Liga Korea Selatan pada 2021-2022. Kapten Timnas Indonesia itu membukukan 43 penampilan dengan catatan dua gol, tiga assist, dan lima kartu kuning.

 

3 dari 4 halaman

Catatan Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan

Pada musim lalu, Asnawi memperkuat Jeonnam Dragons, klub divisi kedua Liga Korea Selatan lainnya. Pemain berusia 24 tahun ini berlaga 27 kali dan menorehkan dua assist, lima kartu kuning, plus satu kartu merah.

Sedangkan Pratama Arhan, hanya empat kali berlaga selama dua musim untuk Tokyo Verdy pada 2022-2023. Minim jam terbang, ia memilih untuk hijrah ke Suwon FC.

Pratama Arhan dikontrak semusim oleh Suwon FC dengan klausul perpanjangan setahun. Dia berharap bisa mendapatkan menit bermain yang lebih banyak bersama klub kasta teratas Liga Korea Selatan itu.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman Arhan di Korea

Pratama Arhan merasa mendapatkan perlakuan yang baik dari rekan-rekan setimnya. Adaptasinya berjalan lancar. Apalagi, Suwon FC juga sedang menggelar training camp di Jakarta pada 1-18 Februari 2024.

"Target bersama tim atau target pribadi, saya ingin lebih berkembang lagi ke depannya. Lebih meningkatkan kualitas tim dan ingin meraih prestasi," ucap Pratama Arhan.

"Adaptasi saya bersama tim, saya sangat senang. Teman-teman di Suwon FC sangat baik, ramah, dan sangat mendukung saya. Jadi, adaptasi di tim ini sangat gampang," jelas Pratama Arhan.

Video Populer

Foto Populer