Sukses


Sempat Tertunda, VAR Dipastikan Sudah Ada Saat BRI Liga 1 Memasuki Championship Series

Bola.com, Bogor - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) awalnya direncanakan bisa digunakan di BRI Liga 1 2023/2024 pada Februari 2024. Namun, rencana itu harus ditunda.

Sebab, kesiapan terutama dari sisi SDM masih harus terus dimatangkan untuk bisa mengaplikasikan VAR dengan baik.

Wakil ketua umum PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan VAR bisa digunakan ketika BRI Liga 1 2023/2024 memasuki fase Championship Series.

Fase Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 dijadwalkan akan dilakukan mulai 4 Mei mendatang. Saat itu, VAR sudah harus siap.

"Championship Series, iya," ujar Ratu Tisha di lokasi pelatihan penerapan VAR di Lapangan JSI Resort Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Trial

Ratu Tisha menyebut pihaknya bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga akan melakukan trial pada pertandingan resmi dalam waktu dekat ini untuk menguji kesiapan VAR.

Kompetisi usia muda Elite Pro Academy (EPA) dan Liga 3 level nasional bisa disasar untuk ajang uji coba penggunaan VAR.

"Bahkan sebelum official launch, kami akan lakukan dua trial lagi. Sehingga ini harus benar-benar baik," ujar Tisha.

3 dari 4 halaman

13 Wasit dan 22 Asisten

Lebih lanjut, Ratu Tisha menjelaskan saat ini progres pelatihan VAR di Indonesia sudah memasuki fase ketiga. Pada fase tersebut, ada 13 wasit dan 22 asisten yang lolos pada tes tahap sebelumnya.

"Untuk saat ini di VAR yang ready dan lolos sampai ke tahap selanjutnya, yaitu stage 3, sebanyak 13 orang, untuk 13 wasit plus 22 asisten," jelasnya.

Mereka nantinya akan terus diasah kemampuannya dan bisa benar-benar siap menerapkan VAR di BRI Liga 1 dan kompetisi yang lain di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer