Sukses


Timnas Indonesia Tak Pernah Menang Lawan Vietnam di SUGBK, Justru Surabaya dan Bogor Lebih Bertuah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertemuan pertama kedua tim akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 21 Maret 2024.

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebelumnya, skuad Garuda mencukur habis Brunei Darussalam dengan skor agregat 12-0 pada play-off.

Langkah berikutnya adalah fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia sudah melakoni dua pertandingan, yakni melawan Irak dan Filipina, yang mana anak asuh Shin Tae-yong belum meraih satupun kemenangan.

Timnas Indonesia takluk 1-5 dari Irak, sementara saat menghadapi Filipina, Saddil Ramdani dkk. bermain imbang 1-1. Berikutnya adalah Vietnam.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bekal Bagus

Timnas Indonesia akan dua kali menghadapi Vietnam pada Maret. Pertemuan pertama digelar di SUGBK pada 21 Maret 2024, sementara leg kedua digelar di My Dinh pada 26 Maret 2024.

Bisa dibilang, dua pertandingan tersebut akan menentukan nasib Shin Tae-yong yang kontraknya habis per Juni pertengahan tahun ini. Jika menuai hasil maksimal, sangat mungkin pelatih asal Korea Selatan itu akan diganjar kontrak baru.

Kebetulan, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Vietnam pada Piala Asia 2023. Gol tunggal Asnawi Mangkualam membuat Merah Putih menggenggam tiga poin penting kala itu.

Lantas, bagaimana dengan pertandingan nanti di SUGBK?

 

3 dari 5 halaman

SUGBK Tak Begitu Angker buat Vietnam

Laman RSSSF mencatat bahwa pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan Vietnam (dulu masih Vietnam Utara) di SUGBK terjadi pada 1963. Saat itu Skuad Garuda menang 3-1.

Selama puluhan tahun berikutnya, Timnas Indonesia sering bersua Vietnam (Vietnam Utara dan Selatan), tetapi digelar di luar Jakarta, seperti Bangkok dan Korea Selatan.

Baru pada 1997, tepatnya saat SEA Games, Vietnam bisa merasakan rumput SUGBK. Sayangnya, Timnas Indonesia ditahan imbang 2-2.

SUGBK kembali menjadi tuan rumah saat Timnas Indonesia berjumpa Vietnam, tepatnya di ajang Tiger Cup 2002 (Piala AFF). Lagi-lagi, laga berkesudahan dengan skor 2-2.

Kali terakhir SUGBK menjadi venue pertandingan Timnas Indonesia versus Vietnam adalah pada Januari 2023. Kembali, hasil imbang mewarnai papan skor, kali ini 0-0.

 

4 dari 5 halaman

Surabaya dan Bogor Lebih Menggigit, Bali Tak Bertuah

Enam tahun berselang, giliran Surabaya yang menjadi saksi keganasan Timnas Indonesia atas Vietnam. Skuad Merah Putih kala itu menang 1-0. Namun pada 2012, Vietnam mampu menahan imbang 0-0, juga di Surabaya.

Pada Piala AFF 2016, Stadion Pakansari dipilih sebagai home buat Timnas Indonesia. Hasilnya, Merah Putih menang dengan skor 2-1.

Stadion Kapten I Wayan Dipta dipilih sebagai lokasi kandang Timnas Indonesia saat menjamu Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim yang kala itu dilatih Simon McMenemy takluk 1-3.

5 dari 5 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

16 November 2023

  • Irak Vs Indonesia (5-1)

21 November 2023

  • Filipina Vs Indonesia (1-1)

21 Maret 2024

  • Indonesia Vs Vietnam (Kandang)

26 Maret 2024

  • Vietnam Vs Indonesia (Tandang)

6 Juni 2024

  • Indonesia Vs Irak (Kandang)

11 Juni 2024

  • Indonesia Vs Filipina (Kandang)

Video Populer

Foto Populer