Sukses


5 Pelatih Timnas Indonesia di Berbagai Kategori: Semakin Komplet, Ada Jepang dan Korea

Bola.com, Jakarta Susunan Pelatih Timnas Indonesia di berbagai kategori semakin lengkap. Itu terjadi setelah masuknya Satoru Mochizuki.

Pelatih asal Jepang itu resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia Wanita, Selasa (20/2/2024). Ketua umum PSSI, Erick Thohir membeberkan alasan perekrutan Satoru Mochizuki.

Menurut Erick, Mochizuki memiliki pengalaman mumpuni sebagai pelatih tim wanita. Selain itu, Jepang juga dikenal punya tradisi bagus di sepak bola wanita.

"Pelatih Satoru yang dipilih untuk tangani timnas putri ini, punya track record bagus dan mumpuni untuk memajukan sepak bola putri di Tanah Air," imbuh Erick Thohir.

"Saya pilih Jepang karena tradisi sepak bola putri Jepang sangat kuat. Juara dunia sekali, dan sembilan kali lolos terus ke putaran final Piala Dunia putri sejak 1991," sambungnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dua Tim

Sejauh ini Shin Tae-yong masih memegang dua kelompok Timnas Indonesia, yakni Timnas Indonesia senior dan U-23. Shin masih terikat kontrak dengan PSSI hingga akhir Juni 2024.

Ada dua agenda yang masih harus dijalani Shin Tae-yong sebelum kontraknya berakhir. Yakni di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Maret nanti dan Piala Asia U-23 2024 yang bergulir April mendatang.

Meski belum mempersembahkan gelar juara, Shin Tae-yong mampu meningkatkan peringkat FIFA Timnas Indonesia dengan cukup signifikan.

3 dari 4 halaman

Kelompok Umur

Sementara itu dua pelatih lokal, Indra Sjafri dan Nova Arianto bertanggung jawab menukangi Timnas Indonesia kelompok umur.

Indra Sjafri bekerja sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-20. Sementara Nova saat ini memimpin Timnas Indonesia U-16.

Keduanya memiliki target tinggi. Indra dan Nova ingin membawa tim asuhannya berlaga di Piala Asia kelompok umur masing-masing.

4 dari 4 halaman

Deretan Pelatih Timnas Indonesia di Berbagai Kategori

  • Timnas Indonesia senior: Shin Tae-yong
  • Timnas Indonesia U-23: Shin Tae-yong
  • Timnas Indonesia U-20: Indra Sjafri
  • Timnas Indonesia U-16: Nova Arianto
  • Timnas Indonesia Wanita: Satoru Mochizuki 

 

Video Populer

Foto Populer