Sukses


Media Negeri Ginseng Ulas Peluang Shin Tae-yong Gantikan Jurgen Klinsmann di Korea Selatan, Singgung Kontraknya di Timnas Indonesia

Bola.com, Seoul - Media Korea Selatan, News1, mengulas peluang sejumlah pelatih, termasuk Shin Tae-yong, untuk menggantikan Jurgen Klinsmann sebagai arsitek Timnas Korea Selatan.

Korea Selatan baru saja memecat Klinsmann buntut kegagalan di Piala Asia 2023 Qatar. Son Heung-min dkk. hanya mampu melaju hingga semifinal sebelum disingkirkan Timnas Yordania.

Setelah enam tahun selalu ditangani pelatih asing, Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) membuka kemungkinan Timnas Korea Selatan akan dipoles arsitek lokal.

Empat nama muncul sebagai kandidat penerus Klinsmann di tim berjulukan Taeguk Warriors tersebut. Keempatnya adalah Hong Myung-bo, Hwang Sun-hong, Choi Yong-soo, dan Shin Tae-yong.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Rekam Jejak Calon Lain

Hong Myung-bo adalah pelatih Ulsan Hyundai. Sementara itu, Hwang Sun-hong tengah memimpin Timnas Korea Selatan U-23 menuju Olimpiade Paris, Prancis, pada 2024.

Adapun Choi Yong-soo sedang tanpa tim setelah terakhir kali menangani Gangwon FC pada Juni 2023. Di sisi lain, Shin Tae-yong masih terikat kontrak dengan Timnas Indonesia sampai Juni 2024.

KFA telah menetapkan kritera untuk nakhoda baru Korea Selatan antara lain ahli dalam taktik, pengembangan pemain, berpengalaman, berkomunikasi dengan lancar, kepemimpinan, kemampuan menyusun staf pelatih, dan kemungkinan meraih prestasi.

3 dari 5 halaman

Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018

"Shin Tae-yong yang memimpin Timnas Indonesia sejak 2020 juga menjadi kandidat pelatih Korea Selatan," tulis News1, Kamis (22/2/2024).

"Dia memiliki kemampuan taktik yang fleksibel dan manajemen skuad yang baik. Dia mendapatkan skor tinggi dalam kapasitas taktik dan kepemimpinan," jelas News1.

Sebelum melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong adalah nakhoda yang bertanggung jawab terhadap kapal Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia.

4 dari 5 halaman

Pengalaman Segudang

Dia juga pernah mengarsiteki Timnas Korea Selatan U-23 pada Februari 2015- Desember 2016 dan Timnas Korea Selatan U-20 pada Januari-Juli 2017.

Pada Juli 2017, Shin Tae-yong diangkat sebagai juru taktik Korea Selatan hingga Juli 2018.

"Dengan pengalaman memimpin Korea Selatan dan mengambil bagian di Piala Dunia 2018, serta melatih Korea Selatan U-20 sampai Timnas Indonesia U-20, dia memiliki kemampuan untuk mengenali potensi pemain muda," ulas News1.

5 dari 5 halaman

Kans Kecil?

"Namun, untuk menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih, perlu menyelesaikan kontrak dengan Timnas Indonesia yang berlangsung hingga Juni 2024," imbuh News1.

Mengingat KFA memprioritaskan pelatih tetap untuk memimpin Korea Selatan dalam lanjutak putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Maret 2024, maka kemungkinan Shin Tae-yong untuk comeback ke Taeguk Warriors terbilang kecil.

Sumber: News1

Video Populer

Foto Populer