Sukses


Kekuatan Mesin PSIS vs Dewa United di BRI Liga 1: Menguji Ketajaman Tuan Rumah

Bola.com, Magelang - Pertandingan antara PSIS Semarang versus Dewa United pada pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024 bakal melibatkan pertarungan yang sengit di masing-masing lini.

Menurut jadwal, duel antara PSIS Semarang kontra Dewa United ini akan berlangsung di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (23/2/2024) pukul 15.00 WIB. Peta kekuatan kedua tim memang cukup menarik.

Pasalnya, ada beberapa pemain di setiap lini yang bisa muncul sebagai pembeda. Namun, tim tuan rumah memang terhitung lebih bermasalah, terutama jika melihat ketersediaan pemain di lini serang.

Hal ini tentu terlihat kontras dengan ketajaman penyerang andalan milik Dewa United yang berpotensi menghukum Mahesa Jenar pada pertemuan nanti. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Kiper

Duel antara PSIS Semarang melawan Dewa United tampaknya bakal menjadi momen pembuktian bagi dua penjaga gawang elite. Sebab, Adi Satryo dan Sonny Stevens sejauh ini sama-sama menghasilkan lima cleansheet.

Kedua pemain ini juga termasuk kiper yang mampu mengukir jumlah penyelamatan tertinggi. Sonny Stevens memang terhitung lebih mentereng karena mampu mencatatkan 99 kali saves pada musim ini.

Jumlah itu membawanya duduk di urutan kedua, tepat di bawah Adilson Maringa, yang menghasilkan 100 saves. Sementara itu, Adi Satryo masih berada di posisi keenam dengan 59 penyelamatan.

 

3 dari 5 halaman

Bek

Kekuatan di sektor pertahanan juga tak kalah menarik. Sebab, kedua tim sama-sama memiliki bek tengah yang solid. Tak hanya itu, mereka juga kerap muncul sebagai aktor pemecah kebuntuan.

Tuan rumah masih akan menduetkan Lucas Gama dan Wahyu Prasetyo. Pemain yang disebut pertama memang terhitung produktif. Dia sudah menyumbangkan tiga gol dari 23 pertandingan musim ini.

Sementara itu, duet Dewa United melibatkan Risto Mitrevski dan Brian Fatari. Khusus Mitrevski, pemain yang juga mengemban tugas sebagai kapten ini telah mengukir dua gol di BRI Liga 1 2023/2024.

4 dari 5 halaman

Tengah

Stabilitas lini tengah nantinya akan menentukan arah pertandingan. Oleh sebab itu, para pemain yang mengisi sektor ini akan memegang peran kunci. Sejauh ini, Mahesa Jenar punya duet yang cukup solid.

Mereka mengandalkan Boubakary Diarra dan Alfeandra Dewangga yang menjadi double pivot. Keduanya juga bisa memberikan kontribusi. Mereka sama-sama menghasilkan dua gol pada musim ini.

Sementara itu, Dewa United memiliki Ricky Kambuaya dan Dimitrios Kolovos. Keduanya memiliki peran yang berbeda di lini tengah. Itu belum termasuk Theo Numberi yang juga kerap dipercaya Jan Olde Riekerink.

5 dari 5 halaman

Depan

Situasi yang cukup berbeda bakal tersaji di lini serang. Pasalnya, kedua tim memiliki kekuatan yang berbeda. Hal ini terutama setelah hengkangnya striker asal Portugal, Carlos Fortes, pada pertengahan musim.

Padahal, Fortes berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Mahesa Jenar dengan koleksi 10 gol. Kini, status tersebut beralih ke pemain yang berposisi di sayap, yakni Gali Freitas, yang sudah mengepak sembilan gol.

Tim tuan rumah tentu harus berhati-hati. Pasalnya, Dewa United memiliki satu pemain yang cukup berbahaya di sektor ini, yakni Alex Martins. Pemain berusia 30 tahun itu sudah menghasilkan 13 gol sejauh ini.

Opsi lainnya yang juga berpotensi membahayakan ialah Taisei Marukawa sebagai yang sudah mengepak sembilan assist, serta Egy Maulana Vikri yang mampu menyumbang lima gol dan empat assist.   

Video Populer

Foto Populer