Sukses


Bukan Shin Tae-yong, Park Hang-seo Jadi Calon Terkuat Latih Korea Selatan Sementara Waktu

Bola.com, Seoul - Sejumlah media Korea Selatan mengabarkan bahwa Park Hang-seo menjadi kandidat terkuat untuk menjadi pelatih Timnas Korea Selatan, bukan Shin Tae-yong.

Harian Ekonomi Seoul, misalnya, yang mengulas tentang peluang besar Park Hang-seo untuk memimpin tim berjulukan Taeguk Warriors tersebut ketimbang nama-nama lainnya yang juga masuk bursa.

Namun, Park Hang-seo kemungkinan hanya akan menjadi pelatih sementara untuk Korea Selatan khusus buat kelanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada akhir bulan depan.

Korea Selatan bakal dua kali menghadapi Timnas Thailand dalam Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tanpa Klub

"Di antara pelatih yang tidak memiliki pekerjaan saat ini, Park Hang-seo dianggap sebagai orang yang paling cocok untuk posisi pelatih sementara Korea Selatan," ujar sumber yang akrab dengan proses pemilihan pelatih Korea Selatan kepada Harian Ekonomi Seoul.

Komite Penguatan Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) disebutkan telah menggelar rapat pada 21 Februari 2024 dan memutuskan untuk mencari caretaker pelatih lokal buat Korea Selatan karena mepet dengan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini, Park Hang-seo sedang tidak melatih meski memiliki jabatan sebagai penasihat klub kasta ketiga Liga Vietnam, Bac Ninh FC, setelah enam tahun menangani Timnas Vietnam.

3 dari 4 halaman

Dinilai Layak

Sesudah mempersembahkan dua medali emas SEA Games, satu gelar Piala AFF, dan menyulap Vietnam sebagai tim terkuat di Asia Tenggara (ASEAN) dan disegani di Asia, Park Hang-seo memilih untuk mengakhiri kontraknya pada awal 2023.

Arsitek berusia 66 tahun itu dinilai layak untuk memimpin Korea Selatan ketika melawan Thailand, lawan yang seringkali dihadapinya saat masih memoles Vietnam.

4 dari 4 halaman

Berpengalaman Melawan Thailand

Transfermarkt mencatat bahwa Park Hang-seo telah sepuluh kali bertemu dengan Thailand, baik di level senior dan U-23, dengan perolehan empat kemenangan, empat kali seri, dan dua kali kalah.

Selain Park Hang-seo dan Shin Tae-yong, pelatih lainnya yang juga masuk dalam pusaran nakhoda baru untuk Korea Selatan adalah Hong Myung-bo, Hwang Sun-hong, dan Choi Yong-soo.

Sumber: Harian Ekonomi Seoul

Video Populer

Foto Populer