Sukses


Timnas Indonesia U-16 Dapat Database Pemain Diaspora dari Kemenpora, Termasuk Matt Baker dan Ferran Alinegara

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 mendapatkan database pemain diaspora dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), termasuk Matt Barker danĀ Ferran Alinegara.

Tenaga Ahli Menpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan, menyerahkan daftar pemain diaspora ke pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto.

"Alhamdulillah, senang bisa berdiskusi di Kemenpora dengan coach Nova dan menyerahkan data para pemain diaspora Timnas Indonesia U-16," ujar Hamdan dalam akun Instagramnya, @hamdan.hamedan, Senin (26/2/2024).

Hamdan dan Nova menunjukkan kertas dengan gambar tiga pemain diaspora, satu di antaranya adalah Matt Barker, pemain Melbourne City di Australia berusia 15 tahun.

-

Yuk gabungĀ channel whatsapp Bola.comĀ untuk mendapatkanĀ berita-beritaĀ terbaruĀ tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis.Ā Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Membuka Pintu Sebesar-besarnya

Selain Matt Barker, Kemenpora juga menyodorkan Ferran Alinegara, kiper ADO Den Haag di Belanda kelahiran 2010 berdarah Negeri Kincir Angin dan Indonesia.

"Semoga bermanfaat dan sukses selalu coach Nova," tulis Hamdan, yang pernah menjadi utusan PSSI era Mochamad Iriawan untuk menaturalisasi pemain itu.

Sebelumnya, Nova telah membuka pintu sebesar-besarnya untuk pemain diaspora yang ingin membela Timnas Indonesia U-16, asalkan mempunyai paspor Indonesia.

3 dari 5 halaman

Hak dan Kewajiban

"Kemungkinan untuk pemain diaspora selalu ada. Saya bilang untuk menjadi pemain timnas adalah hak dan kewajiban," kata Nova pada beberapa waktu lalu.

"Haknya adalah bagi semua pemain berpaspor Indonesia, mereka mempunyai hak untuk membela timnas," tutur Nova, yang juga berstatus asisten pelatih timnas senior dan timnas U-23 ini.

4 dari 5 halaman

Persiapkan Timnas Indonesia U-16

"Kewajibannya adalah kalau dipanggil, mereka wajib membela timnas dan peluang itu besar," ucap arsitek berusia 45 tahun tersebut.

Saat ini, Nova sedang mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 menuju Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 sepanjang tahun ini. Dia telah tiga kali melakukan seleksi terhadap 96 pemain.

5 dari 5 halaman

Unggahan Hamdan Hamedan

Ā 
Ā 
Ā 
View this post on Instagram

A post shared by Hamdan Hamedan (@hamdan.hamedan)

Video Populer

Foto Populer