Sukses


BRI Liga 1: Buntut Hattrick Kekalahan, Persija Cuma Terpaut 5 Poin dari Zona Degradasi

Bola.com, Gianyar - Persija Jakarta sedang menjadi tim pesakitan. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu menelan hattrick kekalahan di BRI Liga 1 2023/2024.

Dalam pekan ke-26 BRI Liga 1, Persija Jakarta dipermalukan Arema FC dengan skor 2-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Selasa (26/2/2024).

Padahal, Tim Macan Kemayoran unggul lebih dulu melalui Marko Simic pada menit ke-12. Namun, Arema FC mampu mengembalikan keadaan lewat brace Dedik Setiawan pada menit ke-20 dan ke-26' via tendangan penalti.

Persija Jakarta sempat menyeimbangkan keadaan lewat Simic pada menit ke-56, tetapi Arema FC berhasil mengunci kemenangan melalui Charles Lokolingoy pada menit ke-78.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Merosot sejak Libur Piala Asia 2023

Kekalahan ini menjadi yang ketiga secara berturut-turut untuk Persija Jakarta. Sebelumnya, Tim Macan Kemayoran dihajar Borneo FC Samarinda 1-3 dan Madura United 0-1.

Sejak BRI Liga 1 kembali dimulai sesudah libur Piala Asia 2023 selama sebulan lebih, penampilan Andritany Ardhiyasa dkk. memang terjun bebas.

Padahal, performa Tim Macan Kemayoran sempat naik ketika membukukan tiga kemenangan dan tiga kali seri dalam enam pertandingan sebelum jeada BRI Liga 1.

3 dari 6 halaman

Turun Peringkat

Buntut rentetan hasil buruk tersebut, Persija turun ke peringkat kee-10 klasemen sementara BRI Liga 1. Dari 26 laga, Timn Macan Kemayoran mencatatkan 32 poin.

Tim ibu kota patut khawatir. Sebab, armada Thomas Doll itu hanya terpaut lima angka dari batas akhir zona degradasi yang diduduki Persita Tangerang.

Perlu diingat sejumlah klub di bawah Persija masih banyak yang belum berlaga dalam pekan ke-26 BRI Liga 1. Sehingga, jarak Tim Macan Kemayoran dengan jurang merah bisa makin dekat.

4 dari 6 halaman

Sempat Krisis Finansial

Secara skuad, Persija tidak jelek-jelek amat. Tim Macan Kemayoran masih mempunyai pemain lokal plus asing top tier di BRI Liga 1 mulai dari Rizky Ridho hingga Gustavo Almeida.

Pada tahun lalu, Persija sempat diterpa krisis finansial. Keadaan itu diduga turut memengaruhi semangat bermain Ryo Matsumura cs. di atas lapangan.

"Alhamdulillah, kesulitan itu ada. Tapi, Alhamdulillah kami dapat meyakinkan sponsor-sponsor baru," ujar Presiden Persija, Mohamad Prapanca, pada November 2023.

5 dari 6 halaman

5 Pertandingan Menentukan

"Pada HUT ke-95 Persija, ada satu sponsor lagi yang masuk. Jadi, mudah-mudahan, ini bisa memperkuat finansial kami hingga akhir musim," tutur pria yang karib dipanggil Panca itu.

Dalam lima pertandingan ke depan, Persija akan menghadapi tiga tim yang secara posisi berada di atasnya. Ketiganya adalah Persib Bandung, Persik Kediri, dan Bali United.

6 dari 6 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer