Sukses


Terpuruk di BRI Liga 1, Caretaker RANS Nusantara Punya Cara Khusus Bangkitkan Mental Pemain

Bola.com, Jakarta - Awan mendung masih menyelimuti perjalanan RANS Nusantara di BRI Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan The Prestige Phoenix itu kesulitan meraih kemenangan dalam 11 laga terakhir.

Mirisnya lagi, dari jumlah laga itu RANS Nusantara cuma mampu memetik empat poin saja. Mereka kemasukan sebanyak 23 kali dan hanya mencetak tujuh gol. Hasil jeblok itu membikin posisi mereka melorot di papan klasemen, setelah sempat beberapa pekan nangkring di lima besar.

RANS Nusantara saat ini berada di peringkat 12 dengan koleksi 33 poin. Dari 27 laga, mereka mencatat delapan kemenangan, sembilan imbang, dan 10 kalah. Kondisi itulah yang disinyalir membuat head coach Eduardo Almeida tidak lagi menukangi RANS di sisa kompetisi musim ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Baik-baik Saja

Posisi Eduardo Almeida kemudian digantikan oleh Francis Wewengkang. Per 1 Maret 2024, Francis menjabat sebagai caretaker pelatih RANS Nusantara. Sayang, mantan pemain Timnas Indonesia itu tidak menjalani debutnya dengan manis.

RANS Nusantara harus menelan kekalahan untuk kesekian kalinya. Mereka bertekuk lutut dihadapan Persib Bandung dengan skor mencolok 0-4 pada pekan ke-27 Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (3/3/2024).

Francis Wewengkang menyadari kalau timnya sedang tidak baik-baik saja. Memperbaiki posisi klasemen menjadi target terdekat yang ingin diwujudkan. Tambahan poin sangat penting untuk menjauh dari zona degradasi.

"Dengan hasil buruk yang kami alami dua pertandingan berturut-turut dengan jumlah kebobolan yang terlalu banyak, itu membuat kami harus koreksi dan evaluasi. Semoga pertandingan ke depan bisa lebih baik lagi," ujar Francis.

 

3 dari 4 halaman

Bangkitkan Semangat Pemain

Kekalahan demi kekalahan yang diderita RANS Nusantara tentu membuat down pemain. Francis Wewengkang tak memungkiri hal itu. Meski begitu, dia tidak khawatir.

Juru taktik berusia 53 tahun itu memiliki cara tersendiri untuk menaikkan mental Mitsuru Mauroka dkk. Apa itu?

"Saya akan mencoba di dalam latihan untuk membuat pemain nyaman. Di dalam pergaulan juga kami mencoba membangkitkan semangat dan mencoba tidak memberikan pressure ke mereka," papar Francis Wewengkang.

4 dari 4 halaman

Jumpa Persik Kediri

Tampil meyakinkan sepanjang putaran pertama Liga 1, RANS Nusantara justru melempem selepas jeda kompetisi. The Prestige Phoenix mulai kehabisan bensin pada paruh musim kedua.

Namun, tidak ada kata terlambat. Klub milik Raffi Ahmad itu masih memiliki kesempatan memperbaiki posisi klasemen di tujuh laga sisa musim ini.

Terdekat, RANS Nusantara akan bersua Persik Kediri dalam pekan ke-28. Menurut jadwal pertandingan ini berlangsung di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (8/3/2024) sore WIB.

The Prestige Phoenix wajib bangkit. RANS Nusantara tak punya pilihan lagi selain meraih kemenangan di kandang Persik Kediri. Kalau tidak, posisi mereka bakal makin terancam di papan klasemen BRI Liga 1.

Video Populer

Foto Populer