Sukses


BRI Liga 1: Awalnya Minim Menit Bermain, Kadek Raditya Kini Punya Posisi Baru di Persebaya berkat Eksperimen Paul Munster

Bola.com, Jakarta Pelatih Paul Munster melakukan eksperimen saat Persebaya Surabaya menang 2-1 atas PSS Sleman, Minggu (3/3/2024). Dia memainkan Kadek Raditya sebagai gelandang bertahan.

Kadek Raditya baru masuk di menit ke-63 menggantikan Ripal Wahyudi. Secara mengejutkan, pemain asal Bali itu mampu tampil luar biasa sebagai gelandang bertahan menghalau upaya serangan lawan.

Hasilnya terlihat jelas, Persebaya tidak kebobolan selama Kadek ada di atas lapangan. Padahal, ini merupakan kali pertama dipasang sebagai gelandang mengingat dia berposisi asli sebagai bek tengah.

Paul Munster menyebut bahwa dia sudah lama memerhatikan Kadek. Dia melihat ada potensi lain yang dimiliki oleh pemain bernomor punggung 23 itu.

"Saya di sini hanya punya dua tujuan. Mengenal para pemain, berbicara dengan para pemain, mencari tahu sejarah mereka. Karena semua pemain ini adalah pemain baru," ungkap Munster.

"Saya belum pernah melatih salah satu pemain ini sebelumnya. Tapi saya tahu sejarah Kadek. Dia bisa bermain sebagai bek tengah, dia bisa bermain di lini tengah yang seimbang. Pemain dengan passing yang bagus," imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tergeser Bek Asing

Kadek sebenarnya merupakan bek tengah pilihan utama di putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024 lalu. Dia tampil apik dengan berduet bersama Dusan Stevanovic dan hampir tak pernah absen.

Sayangnya, Persebaya mendatangkan bek asing baru, yakni Yan Victor, memasuki putaran kedua lalu. Duet jantung pertahanan pun jadi milik Dusan Stevanovic dan Yan Victor selama putaran kedua.

Kadek sempat tampil beberapa kali sebagai bek tengah. Namun, situasi itu muncul saat Dusan Stevanovic harus absen karena mengalami cedera.

 

3 dari 4 halaman

Dapat Kesempatan

Kali ini, dia mendapat kesempatan main tanpa menggantikan dua bek asing. Pemain berusia 24 tahun itu nyatanya tampil cukup apik sebagai gelandang meski bukan merupakan posisi naturalnya.

Persebaya sendiri punya tiga gelandang bertahan yang secara reguler mendapat kesempatan main. Mereka adalah Muhammad Hidayat, Ripal Wahyudi, dan Andre Oktaviansyah. Kini ada opsi Kadek Raditya di posisi itu.

"Saya suka pemain yang bisa bermain di dua posisi dan bukan hanya satu dan dia senang. Jadi ada baiknya saya membuat situasi taktis seperti itu. Saya senang punya pilihan itu," ujar Paul Munster.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Persebaya

Bajul Ijo langsung tampil agresif dan mencetak gol cepat lewat Muhammad Iqbal (1'), ditambah dengan penalti Bruno Moreira (30'). Sedangkan satu gol balasan PSS merupakan hasil kreasi Esteban Vizcarra (47').

Hasil ini membuat Persebaya telah melewati sembilan laga terakhir tak terkalahlan. Namun, mereka baru memetik dua kemenangan dalam jumlah pertandingan itu, tujuh sisanya berakhir seri.

Persebaya berhasil naik peringkat dengan menduduki posisi kesembilan klasemen sementara dengan mengoleksi 35 poin dari 27 pertandingan.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer