Sukses


Tampil Apik di BRI Liga 1, Nadeo Argawinata Layak Dipanggil Timnas Indonesia Kontra Vietnam

Bola.com, Jakarta - Nadeo Argawinata terus mencatat rekor apik di BRI Liga 1 2023/2024.

Kiper utama Borneo FC ini bisa jadi alternatif terbaik bagi Shin Tae-yong untuk mengawal gawang Timnas Indonesia yang akan menjamu Vietnam di Kualifikasi Zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion GBK Jakarta, 21 Maret mendatang.

Apalagi Ernando Ari yang selama ini jadi pilihan utama di Skuad Garuda masih bergelut dengan cedera. Bahkan Ernando telah absen tiga pertandingan yang dijalani Persebaya. Posisinya di bawah mistar digantikan Andhika Ramadhani.

Jika Nadeo Argawinata benar-benar mengambilalih peran Ernando Ari, maka ini buah dari kesabarannya. Setelah pada Piala Asia Qatar lalu, Nadeo yang menjadi pemain terakhir bergabung di Timnas Indonesia sama sekali tak pernah diturunkan oleh Shin Tae-yong.

Padahal Nadeo telah memainkan seluruh laga Borneo FC hingga pekan ke-27 lalu. Rapor penampilannya pun tak main-main. Dia hanya kebobolan 19 gol dengan 12 clean sheet.

Nadeo juga menempatkan dirinya sebagai kiper lokal dengan penyelamatan terbanyak, yakni 90 kali. Dia berada pada urutan ketiga di bawah tiga kiper asing seperti Adilson Maringa (Bali United), Sonny Stevens (Dewa United), dan Schwarzer Garcia (Arema FC).

2 dari 3 halaman

Dominasi Borneo FC

Borneo FC Samarinda tidak terhentikan di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Pesut Etam itu melesat sendirian di singgasana klasemen sementara.

Hingga pekan ke-36 BRI Liga 1, Borneo FC membukukan 60 poin dari 26 pertandingan. Pesut Etam unggul 15 angka dari pesaing terdekatnya, Persib Bandung.

Namun, kontribusi Borneo FC di Timnas Indonesia masih terbatas. Hanya dua pemain Pesut Etam yang dipercaya masuk skuad di Piala Asia 2023 Qatar.

Padahal, terdapat sejumlah pemain Borneo FC yang bermain konsisten dan menonjol pada musim ini dan dirasa layak untuk diberikan kesempatan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Terdekat, Timnas Indonesia akan dua kali berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam kelanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada 21 dan 26 Maret 2024.

3 dari 3 halaman

Kiprah Nadeo

Nadeo Argawinata telah menjadi langganan Timnas Indonesia sejak 2021. Namun, kiprahnya naik turun. Kadang sebagai starter, namun sering juga menjadi cadangan.

Di Piala Asia 2023, Nadeo hanya menjadi pelapis di bahwa mistar gawang Timnas Indonesia. Penjaga gawang berusia 26 tahun itu kalah bersaing dari Ernando Ari Sutaryadi.

Bersama Borneo FC di BRI Liga 1 musim ini, Nadeo tidak tergantikan. Bekas kiper Bali United itu selalu bermain dalam 26 pertandingan dengan kebobolan 19 gol dan mencatatkan sebelas clean sheet.

Video Populer

Foto Populer