Sukses


Peta Persaingan Papan Bawah BRI Liga 1: Bhayangkara FC dan Persita Gagal Pangkas Jarak

Bola.com, Jakarta Tiga tim papan bawah sudah memainkan laga di pekan 28 BRI Liga 1, Rabu (6/3/2024), Bhayangkara FC, Persita Tangerang dan Arema FC.

Ketiga tim itu melewatkan kesempatan meraih tiga poin. Persita menelan kekalahan dari tim papan atas Madura United. Sedangkan Arema yang bertemu dengan Bhayangkara meraih hasil imbang tanpa gol.

Hasil itu membuat posisi di zona degradasi tak berubah. Juru kunci ditempati Persikabo 1973. Sedangkan Bhayangkara ada di urutan 17. Satu tingkat diatasnya ditempati Persita Tangerang.

Hanya Arema yang naik satu tingkat ke urutan 14 dengan 31 poin. Tim berjuluk Singo Edan berhasil menggeser PSS. Namun poin keduanya sama. Hanya saja, PSS punya kans kembali menggeser Arema jika menang di pekan 28.

Bisa dibilang hasil yang diraih Bhayangkara dan Persita kurang menguntungkan. Kedua tim gagal memangkas jarak untuk mentas dari zona degradasi. Andaikan Bhayangkara menaklukkan Arema, mereka terpaut 9 poin dari zona aman.

Sama halnya dengan Persita, jika mereka menang dari Madura United, peluang mentas lepas dari zona merah BRI Liga 1 sangat besar. Tapi, nasi sudah menjadi bubur. Dua tim itu harus berjuang mati-matian dalam 6 laga tersisa musim ini.

2 dari 4 halaman

Persikabo Punya Kans

Melihat hasil ini, justru posisi juru kunci bisa berubah. Dengan catatan Persikabo menang dari Dewa United di laga Kamis (7/3/2024). Jika melihat posisi di klasemen, Dewa United lebih unggul. Mereka ada di urutan 9.

Tapi, Persikabo masih punya kesempatan menang. Dewa United pekan lalu baru menelan kekalahan telak 1-4 dari Persija Jakarta.

Jadi, ada celah di sektor pertahanan Dewa United. Persikabo sendiri terlihat tampil ngotot dalam beberapa laga sebelumnya. Meski kalah dari Arema, Madura United dan Borneo FC, mereka memberikan perlawanan sengit dan hanya kalah selisih satu gol.

3 dari 4 halaman

Ancaman Degradasi Lebih Awal

 

Jika melihat peta persaingan lepas dari zona merah, Persikabo dan Bhayangkara berada dalam posisi sulit. Mereka punya jarak poin lumayan jauh dari zona aman. Persikabo tertinggal 14 poin.

Sedangkan Bhayangkara 12 poin. Sementara jumlah pertandingan semakin sedikit. Besar kemungkinan dua tim ini sudah terdegradasi sebelum kompetisi berakhir.

Satu slot lain masih terjadi persaingan sengit, yakni di posisi 16. Persita Tangerang, PSS Sleman dan Arema FC bersaing untuk menghindarinya. Tiga tim ini dipastikan tampil mati-matian dalam sisa laga. Sangat fatal jika mereka terpeselet dalam 6 laga sisa karena jarak poinnya tidak terlalu jauh.     

4 dari 4 halaman

Posisi Tim

Video Populer

Foto Populer