Sukses


Demi Membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes Disumpah WNI 12 Maret 2024

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali, mengatakan bahwa tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes akan diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dalam waktu dekat.

PSSI baru saja menyelesaikan rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk membahas naturalisasi Oratmangoen, Haye, dan Paes di Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/3/2024).

Naturalisasi Oratmangoen, Haye, dan Paes telah disetujui oleh Komisi X DPR. Selain itu, perpindahan kewarganegaraan ketiganya juga sudah direstui oleh Komisi III DPR.

"Saya berterima kasih kepada Kemenpora, PSSI, dan DPR telah diadakan raker pada hari ini. Sebab, kami membutuhkan mereka untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026," tutur Amali.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kebut Naturalisasi

PSSI sedang mengebut naturalisasi Oratmangoen, Haye, dan Paes demi bisa membela Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Vietnam pada akhir bulan ini.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal lebih dulu menjamu Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024, sebelum lima hari berselang bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Amali mengungkapkan bahwa Oratmangoen, Haye, dan Paes akan datang ke Indonesia pada 11 Maret 2024 untuk dilantik menjadi WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada sehari berselang.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Zainudin Amali

"Mereka untuk bisa datang ke sini. Sebab, kalau disumpah fisik harus hadir. Tidak mudah. Mereka berencana untuk datang ke Indonesia pada 11 Maret 2024," tutur Amali.

"Lalu, disumpah menjadi WNI pada 12 Maret 2024. Kami sudah berkomunikasi dengan instansi, seharusnya itu hari libur. Tetapi, ada pemahaman dan pengertian dari instansi terkait ingin membuka kantornya untuk acara ini," ucap Amali.

Seusai Oratmangoen, Haye, dan Paes mendapatkan paspor WNI, PSSI harus memproses perpindahan federasi ketiganya dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA sebelum disahkan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer