Sukses


Pulang ke Lion City Sailors, Song Ui-young Bercerita soal Pengalaman di Persebaya

Bola.com, Surabaya - Mantan gelandang Persebaya Surabaya, Song Ui-young, telah kembali ke klub raksasa Singapura, Lion City Sailors, pihak klub telah mengumumkan kepulangannya pada Kamis (7/3/2024).

Song Ui-young sendiri tercatat sebagai gelandang Persebaya sejak awal musim BRI Liga 1 2023/2024. Bajul Ijo merupakan satu-satunya klub Indonesia yang pernah dibelanya, rupanya tak berlangsung lama.

Kendati demikian, Song menuturkan bahwa dia mendapat pengalaman luar biasa selama berseragam Persebaya. Selama beberapa bulan terakhir, pemain berusia 30 tahun itu mengaku mendapat banyak kesempatan berharga.

“Itu adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya. Saya mendapat kesempatan untuk belajar dari para pemain dan pelatih dari budaya yang sangat berbeda dibandingkan dengan Singapura,” kata Song seperti dikutip situs resmi klub.

“Saya harus belajar dan beradaptasi untuk bermain dalam formasi tim dan bentuk taktis yang berbeda. Ini memberi saya perspektif sepakbola yang lebih baik dan lebih luas. Saya juga merasa saya sudah dewasa dan menjadi orang yang lebih baik di luar lapangan juga. Jadi, saya harus mengatakan bahwa ini adalah pilihan yang baik bagi saya,” imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Alasan Cedera

Sayangnya, kebersamaan Song Ui-young dengan Persebaya tidak terjadi sampai akhir musim ini. Song Ui-young sebelumnya tidak pernah menampakkan batang hidungnya dalam latihan yang digelar tim sejak Januari 2024.

Hal itu sempat memunculkan spekulasi bahwa pemain berusia 30 tahun itu tidak akan kembali. Pelatih Persebaya, Paul Munster, pernah mengungkapkan bahwa Song Ui-young masih mengalami cedera.

Song Ui-young sendiri terakhir tampil saat Persebaya menjamu Persija Jakarta pada 9 Desember 2023. Setelah itu, dia absen dalam dua pertandingan beruntun melawan Persis Solo (13/12/2023) dan Persikabo 1973 (17/12/2023).

Nama Song juga tidak ada saat Persebaya melakoni empat pertandingan terakhir di bawah arahan pelatih Paul Munster.

Masing-masing melawan PSIS Semarang (30/1/2024), Bhayangkara (4/2/2024), Persita Tangerang (23/2/2024), dan PSM Makassar (28/2/2024).

Baru pada Jumat (1/3/2024) lalu, Persebaya mengumumkan mengakhiri kerja sama dengan Song. Alasannya, gelandang berdarah Korea Selatan harus absen sampai akhir musim karena mengalami cedera.

3 dari 4 halaman

17 Laga

Song Ui-young hanya tampil dalam 17 pertandingan bersama Persebaya dan menyumbang satu gol serta dua assist musim ini. Belum sepekan dilepas Bajul Ijo, Song rupanya memilih kembali ke Lion City Sailors.

“Saya benar-benar merasa seperti kembali ke rumah dan kembali ke keluarga sekarang, jadi saya sangat bahagia. Sejujurnya, saya pikir saya akan berada di luar negeri setidaknya selama dua atau tiga tahun sebelum kembali ke Singapura,” ucapnya.

“Tapi inilah kehidupan seorang pesepakbola. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi saya tidak menyesal. Saya sangat senang bisa kembali. Saya siap bekerja dan berjuang bersama rekan satu tim saya di sini,” tutur Song.

4 dari 4 halaman

Bukan Orang Baru

Bagi Song, Lion City Sailors bukanlah klub baru. Sebab, dia merupakan pemain asal Korea Selatan yang menghabiskan kariernya di Singapura. Dia tercatat membela Home United hingga berganti nama menjadi Lion City Sailors pada medio 2011-2023.

Berkat pengalaman itu, dia lantas menjadi pemain naturalisasi yang mendapat paspor Singapura pada 2021. Song Ui-young pun tercatat telah membukukan empat gol dalam 22 pertandingan bersama Timnas Singapura.

Pada awal 2023, dia sempat hijrah ke Thailand dengan berseragam Nongbua Pitchaya dan tampil dalam delapan pertandingan Thai League 1. Dia kemudian mencoba peruntungan di Indonesia bersama Persebaya sebelum akhirnya kembali ke Singapura.

Video Populer

Foto Populer