Sukses


Mengulas 4 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Piala Asia 2023 yang Dicoret STY Jelang Hadapi Vietnam

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengambil langkah berani dengan mencoret empat pemain jebolan Piala Asia 2023 jelang laga melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Empat nama yang didepak Shin Tae-yong itu muncul ketika PSSI merilis secara resmi daftar 28 pemain yang mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia, menjelang dua pertandingan krusial melawan Timnas Vietnam.

Dari nama-nama itu, muncul setidaknya enam wajah baru yang bakal memperkuat tim Merah Putih. Tak hanya itu, ada pula empat pemain lama yang sempat dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023.

Hadirnya nama-nama pemain baru ini ditengarai menjadi alasan terdepaknya wajah-wajah lama di Timnas Indonesia. Ada pula alasan cedera yang turut melatarbelakangi keputusan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ernando Ari Sutaryadi

Hilangnya nama Ernando Ari dari daftar panggilan ini tak begitu mengejutkan. Sebab, penjaga gawang Persebaya Surabaya itu memang sudah absen pada empat laga terakhir BRI Liga 1 2023/2024.

Kiper yang jadi andalan utama Tim Garuda di Piala Asia 2023 tersebut mengalami cedera bahu pada duel melawan Bhayangkara FC. Pemain berusia 22 tahun tersebut harus absen selama beberapa pekan untuk proses pemulihan.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong memanggil kiper PSIS Semarang, Adi Satryo. Ini menjadi pemanggilan terbaru bagi Adi setelah terakhir kali masuk daftar pemain Timnas Indonesia untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022.

 

3 dari 5 halaman

Adam Alis

Konsistensi yang diperlihatkan Adam Alis bersama Borneo FC di BRI Liga 1 2023/2024 ternyata tak menggaransi satu tempat khusus di Timnas Indonesia. Namanya menghilang dari daftar panggilan terbaru.

Padahal, setelah kembali dari Piala Asia 2023, pemain berusia 30 tahun tersebut menjadi satu di antara kunci kesuksesan Pesut Etam meraih hasil positif. Setidaknya, dia menyumbang satu gol dan satu assist dari empat laga terakhir.

Kehadiran gelandang bertahan asal Liga Belanda, Thom Haye, menjadi penyebabnya. Thom yang saat ini membela Heerenveen akhirnya mendapatkan panggilan setelah resmi mengantongi paspor Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Shayne Pattynama

Hilangnya nama Shayne Pattynama memang cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, pemain kelahiran Belanda itu jadi salah satu pemain yang tampil penuh saat Indonesia menghadapi Australia pada 16 besar Piala Asia 2023.

Jika melihat latar belakangnya, Shayne belakangan ini memang absen bersama klub barunya, KAS Eupen di kasta tertinggi Liga Belgia. Dia mengalami cedera dan sudah menepi pada dua laga terakhir.

Meskipun demikian, STY tak perlu pusing dengan situasi ini. Dia bisa memanggil Yance Sayuri yang sudah kembali bermain setelah sempat absen di Piala Asia 2023 karena cedera. Selain itu, ada pula Nathan Tjoe-A-On yang bisa bermain di posisi yang sama.

 

5 dari 5 halaman

Dendy Sulistyawan

Setelah sempat muncul keraguan di kalangan publik, Dendy Sulistyawan akhirnya dicoret juga dari Timnas Indonesia. Pemain ini sering menjadi langganan meskipun performanya bersama Bhayangkara FC tak begitu istimewa.

Berstatus sebagai alumnus Piala Asia 2023, pemain asal Lamongan itu malah tak pernah merasakan menit bermain di kejuaraan tersebut. Dia sempat muncul di bangku cadangan saat menghadapi Jepang, tetapi akhirnya tak dimainkan.

Catatan satu gol dan tiga assist dari 26 laga memang tak bisa dikatakan memuaskan. Dendy akhirnya harus merelakan posisinya di skuad Garuda. Sebab, ada sosok Ragnar Oratmangoen yang kini mendapatkan panggilan pertamanya.

Video Populer

Foto Populer