Sukses


Fun Fact Pegadaian Liga 2: Rifal Lastori, Sang Spesialis Pengantar Tim Promosi ke Liga 1

Bola.com, Jakarta - Malut United mencatatkan sejarah baru. Mereka menjadi tim terakhir yang memastikan diri promosi ke Liga 1. Laskar Kie Raha menemani PSBS Biak dan Semen Padang berlaga di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia pada musim depan.

Ini adalah kali pertama Malut United berkiprah di strata teratas kompetisi sepak bola nasional. Tim besutan Imran Nahumarury itu menyegel tiket promosi Liga 1 setelah menang dramatis atas Persiraja Banda Aceh pada pertandingan leg kedua play-off perebutan tempat ketiga Pegadaian Liga 2 2023/2024.

Bertanding di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (9/3/2024) sore, Laskar Kie Raha sukses membekuk tamunya dengan skor tipis 3-2. Gol Malut United dicetak oleh Frets Butuan di menit ke-45+9 (p). Kemudian Dave Mustaine (104') dan Jose Wilkson (115').

Adapun dua gol Persiraja Banda Aceh dilesakkan oleh Zikri Ferdiansyah pada menit ke-32 serta Ramadhan di menit ke-91.

Seiring keberhasilan Malut United promosi ke Liga 1, nama Rifal Lastori pun kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Sebab, lagi dan lagi pemain berusia 26 tahun itu sukses membawa tim yang dibelanya naik ke divisi tertinggi.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Empat Kali Bawa Tim Promosi

Ini adalah kali keempat Rifal Lastori mampu mengantarkan tim yang ia perkuat promosi dari Liga 2 ke Liga 1. Sebelumnya, pemain asli Halmahera Utara itu pernah jadi pilar penting keberhasilan tiga tim sekaligus.

Sebut saja PSIS Semarang yang promosi di musim 2017. Kemudian PSS Sleman pada tahun 2018 dan RANS Nusantara (2021).

Kesuksesan empat kali membawa tim promosi ke kasta tertinggi jadi rekor tersendiri bagi winger kelahiran 9 Juni 1997 itu. Sejauh ini, belum ada pemain Indonesia yang mampu menandingi pencapaian tersebut.

Uniknya, Rifal Lastori membawa tiga tim sebelumnya naik kasta ke Liga 1 dengan status pemain pinjaman dari Borneo FC. Rifal Lastori merupakan jebolan akademi Borneo FC.

3 dari 4 halaman

Kiprah Bersama Malut United

Rifal Lastori direkrut Malut United pada awal musim ini, tepatnya pada 2 Juli 2023. Dia didatangkan dengan status bebas transfer setelah kontraknya habis bersama Borneo FC.

Namun, kiprah Lastori bersama Laskar Kie Raha pada musim ini bisa dibilang tidak begitu mengesankan. Mantan pemain PSIM Yogyakarta itu tampil sebanyak 13 pertandingan atau 372 menit bermain.

Lastori juga tidak mencetak satupun gol maupun assist dari jumlah pertandingan yang dimainkan. Meski begitu, tetap saja 'hokinya' tidak dimiliki pemain lain di Indonesia. Sejarah mencatat bahwa Lastori adalah pemain yang paling banyak mengantarkan tim promosi ke Liga 1.

4 dari 4 halaman

Favorit

Sejak bergulirnya Pegadaian Liga 2 2023/2024, Malut United memang jadi salah satu tim yang difavoritkan untuk promosi. Mereka sangat serius dalam membentuk tim dengan mendatangkan banyak pemain berpengalaman jebolan Liga 1.

Beberapa di antaranya: Joko Ribowo, Hari Nur Yulianto, Wawan Febrianto, Dedi Gusmawan, Bagus Nirwanto, hingga Jose Wilkson. Selain itu, adapula Frets Butuan, Ilham Udin Armaiyn, Fingky Pasamba, Irfan Lestaluhu, dan Alwi Slamat.

Para pemain tersebut mampu memberi kontribusi besar untuk klubnya. Malut United tampil cukup gemilang sepanjang musim ini. Mereka juga memiliki catatan apik ketika bermain di kandang.

Pada babak penyisihan grup, Laskar Kie Raha berhasil menorehkan empat kemenangan dari enam laga yang dimainkan dihadapan publik sendiri. Dua laga sisanya berakhir seri dan sekali kalah.

Sementara di fase play-off, Bagus Nirwanto dkk. sukses mengukir rekor tak terkalahkan. Mereka mampu mendulang dua kemenangan serta tiga hasil imbang.

Video Populer

Foto Populer