Sukses


Bek Vietnam Nyinyir Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026: Naturalisasi 11 Pemain, Mereka Timnas Indonesia atau Belanda?

Bola.com, Hanoi - Bek Timnas Vietnam, Do Duy Manh, menyindir program naturalisasi pemain keturunan Timnas Indonesia. Pesepak bola berusia berusia 27 tahun itu merasa akan menghadapi Timnas Belanda.

Vietnam bakal dua kali melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada akhir bulan ini.

Vietnam akan lebih dulu bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024 sebelum menjadi tuan rumah di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada lima hari berselang.

"Melalui informasi di media, saya mengetahui bahwa Timnas Indonesia telah melakukan naturalisasi terhadap sebelas pemain," ujar Do Duy Manh dinukil dari laman Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

11 Pemain

Sebelas pemain yang dimaksud Do Duy Manh kemungkinan adalah Elkan Baggott, Jay Idzes, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Jordi Amat, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marc Klok, Thom Haye, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

Namun, Elkan Baggott bukan berstatus pemain naturalisasi karena ia memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada usia 20 tahun dan pernah tercatat di kependudukan Indonesia.

Sementara, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih menjalani proses perpindahan kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ledekan Do Duy Manh

"Saat ini, mereka memiliki banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan kemampuan yang baik. Sebenarnya, sebelum itu, Timnas Indonesia tetap bukan tim yang mudah untuk dilawan," ucap Do Duy Manh.

"Mereka memiliki cara bertarung yang sengit dan agresif. Kini, Timnas Indonesia kembali menaturalisasi secara massal. Kadang-kadang, kami saling meledek."

"Mengatakan bahwa kami tidak tahu apakah kami akan bermain melawan Timnas Belanda atau Timnas Indonesia. Namun, Vietnam juga memiliki pemain berkualitas. Kami tidak takut bersaing karena naturalisasi Timnas Indonesia," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Vietnam Hanya Punya 1 Pemain Naturalisasi

Dari sebelas pemain Timnas Indonesia yang dicap "natutalisasi" oleh Do Duy Manh, sembilan di antaranya memang berdarah Belanda. Hanya Elkan Baggott dan Jordi Amat yang tidak ada asal-usul keturunan Negeri Kincir Angin.

Untuk melawan Timnas Indonesia, Vietnam hanya mempunyai satu pemain naturalisasi. Dia adalah Nguyen Filip, kiper kelahiran Praha, Republik Ceska, yang berusia 31 tahun dengan tinggi 192 cm.

Sumber: VFF

Video Populer

Foto Populer