Sukses


Dihuni Banyak Pemain Abroad, Pengamat Sebut Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk menghadapi Timnas Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya berstatus pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri.

Skuad Timnas Indonesia mayoritas dihuni alumni pemain yang sukses membawa Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar. Shin Tae-yong juga memberi kesempatan kiper PSIS Semarang, Adi Satryo untuk menggantikan Ernando Ari Sutaryadi yang cedera.

Kemudian bek PSM Makassar, Yance Sayuri juga turut dibawa. Sedangkan dua jebolan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang tersisih dari daftar 28 pemain kontra Vietnam yaitu Adam Alis dan Dendy Sulistyawan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peluang Cukup Besar

Pengamat sekaligus pelatih sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan komentarnya terkait komposisi pemain yang disertakan Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 versus Vietnam. Menurut dia, banyaknya pemain abroad yang menghuni skuad Garuda memberikan dampak positif buat permainan Timnas Indonesia.

"Dengan pemain-pemain abroad yang sudah ada di Piala Asia kemarin Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan permainan yang cukup membanggakan," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Selasa (12/3/2024).

"Apalagi ada beberapa tambahan pemain abroad yang sudah memiliki pengalaman internasional cukup banyak. Tentu saja saya melihat kans untuk mengalahkan Vietnam di dua laga cukup besar peluangnya," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tambah Kuat

Tim Garuda akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia yang bertandang ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Erwan Hendarwanto cukup yakin Timnas Indonesia bisa melewati adangan The Golden Star Warriors. Apalagi, pada laga nanti Timnas Merah-Putih dapat menurunkan kekuatan terbaiknya. Kombinasi yang ciamik antara pemain naturalisasi plus talenta lokal yang berkancah di liga domestik.

"Bukan mengecilkan peran pemain-pemain lokal kita, namun dengan hadirnya pemain-pemain abroad harapannya pemain lokal kita bisa mengambil ilmunya dan pengalamannya secara langsung," katanya.

"Sehingga harapan kita melawan Vietnam nanti bisa melihat Timnas Indonesia yang kuat dari kombinasi pemain-pemain lokal dan pemain abroad menjadi kekuatan baru di level sepak bola Asia,".

"Saya rasa sebagai pendukung dan pecinta Timnas Indonesia sudah tidak sabar untuk menanti penampilan Timnas Indonesia era baru yang berprestasi," lanjut mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

4 dari 4 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Kiper

1. Nadeo Argawinata (Borneo FC)

2. Adi Satryo (PSIS Semarang)

3. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

Bek

4. Elkan Baggott (Bristol Rovers, Inggris)

5. Jay Idzes (Venezia, Italia)

6. Justin Hubner (Cerezo Osaka, Jepang)

7. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen, Belanda)

8. Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia)

9. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)

10. Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand)

11. Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan)

12. Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang)

13. Rizky Ridho (Persija Jakarta)

14. Edo Febriansyah (Persib Bandung)

Gelandang

15. Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda)

16. Marc Klok (Persib Bandung)

17. Yance Sayuri (PSM Makassar)

18. Yakob Sayuri (PSM Makassar)

19. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia)

20. Ricky Kambuaya (Dewa United)

21. Thom Haye (SC Heerenveen, Belanda)

22. Witan Sulaeman (Bhayangkara FC)

23. Egy Maulana Vikri (Dewa United)

Penyerang

24. Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda)

25. Dimas Drajad (Persikabo 1973)

26. Ramadhan Sananta (Persis Solo)

27. Hokky Caraka (PSS Sleman)

28. Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard, Belanda)

Video Populer

Foto Populer