Sukses


3 Pemain yang Terpinggirkan dari Timnas Indonesia Gara-gara Gerbong Baru Pemain Naturalisasi: Termasuk Eks Kapten

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia terus dilakukan. Nathan Tjoe-A-Oen menjadi nama terbaru yang mengambil sumpah untuk menjadi WNI.

Nama Nathan juga masuk daftar 28 pemain Timnas Indonesia. Shin Tae-yong menyiapkan mereka untuk menghadapi Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Diketahui Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (21/3/2024). Lima hari kemudian, Tim Garuda akan bertandang ke Hanoi.

Ada cukup banyak pemain yang mulai tersingkir dari Timnas Indonesia era Shin Tae-yong, terutama dengan masifnya program naturalisasi yang dilakukan. Bola.com memilih tiga di antaranya. Siapa saja mereka?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fachruddin Aryanto

Fachruddin sudah membela Timnas Indonesia sejak 2012. Bek tengah tangguh itu sempat mendapatkan tempat di skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong.

Namun, belakangan Shin mulai menyingkirkan Fachruddin. Menariknya bek Madura United itu tak masalah dengan hal itu. Sebab di usianya yang sudah 35 tahun, Fachruddin tentu tak segesit bek-bek lain yang lebih muda.

"Harapannya bisa lebih jauh melangkah, terutama di Asia, karena untuk ASEAN InsyaAllah dengan skuad sekarang mungkin bisa melalui itu ke depan. Namun, targetnya sekarang mungkin di Asia, bagaimana kita bisa berbicara banyak," katanya belum lama ini.

3 dari 4 halaman

Irfan Jaya

Irfan Jaya adalah pemain favorit pada awal masa kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Namanya selalu dipanggil ke skuad Garuda.

Irfan Jaya sempat mengalami cedera parah. Cedera itu pun menghambat kariernya. Kini Irfan mencoba kembali mengembalikan performa terbaiknya.

Namun, saat ini Shin Tae-yong masih belum tertarik untuk memanggil kembali pemilik 22 caps dan 6 gol untuk Timnas Indonesia itu ke skuad asuhannya.

4 dari 4 halaman

Dendy Sulistyawan

Piala Asia 2023 menjadi kesempatan terkini Dendy Sulistyawan merasakan panggilan ke Timnas Indonesia. Meski pada ajang itu tak sekalipun Dendy diturunkan.

Menghadapi Vietnam, Maret ini Dendy tak lagi mendapatkan tempat di Timnas Indonesia. Shin lebih memilih pemain lain yakni Ragnar Oratmangoen.

Dendy tampaknya akan sulit kembali ke Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Terutama jika melihat bagaimana performanya di Bhayangkara FC.

Video Populer

Foto Populer