Sukses


Momen Ramadan di Mata Alfeandra Dewangga: Rutinitas Sepak Bola dan Ingin Lebih Dekat dengan Keluarga

Bola.com, Semarang - Pemain PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, tak menghadapi banyak halangan saat mengarungi BRI Liga 1 2023/2024 di bulan ramadan.

Menurutnya, ini menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga. Alfeandra Dewangga mengakui, sesi latihan seperti biasa tetap digelar PSIS Semarang.

Hanya saja, selama ramadan, agenda tersebut digeser menjadi sore hari. Periode ini dipilih karena mendekati waktu berbuka.

“Persiapan khusus selama ramadan pasti ada. Kalau sebelumnya kami menggelar sesi latihan di pagi hari, jadi akan dipindah ke sore hari,” kata Dewangga dalam sesi bincang-bincang di kanal YouTube PSIS.

“Karena, pemain-pemain yang muslim kan harus menjaga kondisinya sampai buka puasa. Namun, kalau untuk persiapan-persiapan menghadapi pertandingan ya normal-normal saja,” ia melanjutkan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Pemain Sudah Terbiasa

Menurut lelaki berusia 22 tahun memang tak merasa ada banyak yang perlu diubah selama bulan ramadan. Sebab, sebagai pesepak bola, momen-momen serupa sudah sering dihadapi setiap tahun.

“Kalau jetlag pasti ada ya. Karena kan sebenarnya lebih enak latihan pagi. Sebab, di pagi hari, udaranya masih fresh. Sementara kalau sore, di Semarang ini tahu sendiri kan banyak banget debu,” ujarnya.

“Sebetulnya memang tidak ada yang membedakan. Karena, tahun kemarin masih latihan juga selama bulan ramadan. Saat ini, program latihan juga sudah dirancang tim pelatih. Jadi, kami sudah tahu apa saja agendanya,” lanjutnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Dekat dengan Keluarga

Dewa berharap, momentum lebaran ini bisa membuatnya lebih dekat dengan keluarga. Pasalnya, jika melihat pengalaman tahun lalu, dia harus menghabiskan waktu lebih banyak bersama tim nasional.

Ketika itu, Dewa menjadi salah satu pemain yang disiapkan Indra Sjafri untuk menghadapi SEA Games 2023. Alhasil, momen lebaran bersama keluarga pun terlewatkan karena tugas negara tersebut.

“Acara buka bersama lebih banyak bersama keluarga. Karena saat ini saya harus lebih banyak bersama keluarga. Dari tahun-tahun sebelumnya, saya cukup jarang berbuka bersama keluarga,” katanya.

“Karena, biasanya ada kesibukan bersama tim nasional. Jadi, semoga tahun ini bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga." 

"Kalau tahun ini, sepertinya bisa berlebaran bersama keluarga. Karena kompetisi BRI Liga 1 masih ada," tambahnya. 

 

 

4 dari 5 halaman

Tiga Ujian Berat

Alfeandra Dewangga dan kawan-kawan memang harus menghadapi ujian yang cukup berat selama bulan ramadan. Sebab, ada tiga laga penting di BRI Liga 1 2023/2024 yang bergulir selama periode ini.

Mereka akan menghadapi Persis Solo (Pekan ke-29), PSM Makassar (pekan ke-30), dan RANS Nusantara FC (pekan ke-32).

Tiga laga ini sangat penting untuk memastikan Mahesa Jenar tetap bertahan di peringkat empat besar klasemen.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer