Sukses


Federasi Sepak Bola Vietnam Hapus Pernyataan Do Duy Manh tentang Timnas Indonesia Rasa Belanda

Bola.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menghapus pernyataan bek Timnas Vietnam, Do Duy Manh, yang bercanda dengan menyindir Timnas Indonesia rasa Timnas Belanda.

VFF memuat artikel berjudul "Bek Do Duy Manh: Dengan Kesatuan, Saya Percaya Vietnam Akan Mendapatkan Hasil yang Baik" yang tayang pada 11 Maret 2024.

Dalam paragraf kedua, Do Duy Manh menyinggung pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang diklaimnya berjumlah sebelas pemain, padahal kenyataannya delapan pemain.

Dari delapan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia itu, tujuh di antaranya lahir atau berdarah Belanda.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pernyataan Awal

"Dari informasi di media, saya tahu bahwa Timnas Indonesia menaturalisasi sebelas pemain. Mereka saat ini memiliki banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan kemampuan yang baik," ujar Do Duy Manh.

"Sejujurnya, sebelumnya, Timnas Indonesia memang bukan tim yang mudah dikalahkan. Mereka memiliki gaya permainan yang agresif dan bersemangat. Sekarang, mereka mendatangkan banyak pemain naturalisasi."

"Kadang-kadang kami bercanda, tidak tahu apakah kami akan bermain melawan Timnas Belanda atau Timnas Indonesia. Tetapi, Vietnam juga memiliki pemain berkualitas."

"Kami tidak takut bermain melawan Timnas Indonesia yang telah melakukan naturalisasi. Kekhawatiran bukanlah sesuatu yang ada dalam pikiran setiap pemain," jelas pemilik 31 caps untuk Vietnam itu.

3 dari 5 halaman

Setelah Direvisi

Ketika Bola.com kembali mengakses artikel itu di laman VFF pada Kamis (14/3/2024) malam WIB, narasi Do Duy Manh soal Timnas Indonesia seperti Belanda sudah diubah.

"Dari informasi di media, saya tahu Timnas Indonesia telah menaturalisasi hingga sebelas pemain. Mereka saat ini memiliki banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan keahlian yang baik," ungkap Do Duy Manh.

"Sebenarnya, sebelumnya, Timnas Indonesia sudah merupakan tim yang tidak mudah untuk dihadapi. Mereka bermain dengan sangat gigih dan berani."

"Sekarang, dengan naturalisasi massal seperti itu, tetapi Vietnam juga memiliki pemain-pemain berkualitas. Kami tidak takut berhadapan dengan Timnas Indonesia karena naturalisasi mereka. Kekhawatiran tidak ada dalam pikiran pemain manapun," imbuh pemain berusia 26 tahun ini.

4 dari 5 halaman

Jawaban Erick Thohir

Sementara itu, Ketua PSSI, Erick Thohir menganggap kelakar Do Duy Manh bukan sebagai bentuk perang urat syaraf, melainkan kebingungan Vietnam yang melihat Timnas Indonesia makin berkembang.

"Tidak, mungkin mereka bingung kenapa Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan saya makin bagus," ujar Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

"Sama ketika kita melihat Vietnam, mungkin lima sampai enam tahun yang lalu, kita juga bingung. Kok mereka bagus. Tidak apa-apa, sama-sama bingung. Yang penting kan hasil. Begitu."

"Itu lumrah lah. Tidak apa-apa. Orang kita juga pernah bingung sama mereka yang bagus banget. Masa kita tidak boleh juga dilihat mereka bingung 'kok Timnas Indonesia bagus banget' begitu kan. Gantian," ucap Erick Thohir.

5 dari 5 halaman

2 Kali Lawan Vietnam

Timnas Indonesia akan dua kali berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada 21 dan 26 Maret 2024.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal lebih dulu menjadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, sebelum bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Video Populer

Foto Populer