Sukses


Mengulas 3 Pemain Pengganti Asnawi Mangkualam yang Absen saat Timnas Indonesia Vs Vietnam: Gas Sandy Walsh!

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak akan kesulitan mencari pemain yang bisa menggantikan Asnawi Mangkualam pada laga leg pertama melawan Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Asnawi Mangkualam dipastikan absen pada duel leg pertama antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam yang dijadwalkan bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, 21 Maret 2024.

Pasalnya, pemain yang kini berkarier di Liga Thailand bersama Port FC itu mendapat sanksi larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning. Kartu ini diperoleh pemain berusia 24 tahun itu ketika babak 16 besar Piala Asia 2023 melawan Australia.

Akibatnya, pemain asal Makassar itu harus menepi satu pertandingan pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Absennya Asnawi memang cukup merugikan mengingat dia berstatus sebagai kapten tim.

Namun, Shin Tae-yong tampaknya tak perlu merasa gelisah dengan situasi ini. Sebab, masih ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang bisa dipasang mengisi lubang tersebut. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Sandy Walsh

Pemain pertama yang layak masuk dalam daftar pengganti Asnawi Mangkualam pada pertandingan ini ialah Sandy Walsh. Pemain kelahiran Belgia itu memang secara natural bermain di pos bek kanan.

Selain di level klub, peran ini memang sudah sering diperoleh pemain berusia 29 tahun itu di bawah asuhan Shin Tae-yong. Momen terakhir Sandy menjalankan tugas itu ialah pada duel melawan Jepang.

Pada laga pamungkas fase penyisihan Grup D Piala Asia 2023 itu, pemain asal klub KV Mechelen itu bermain sejak menit awal. Di posisi ini, Sandy bahkan bermain penuh selama 2x45 menit.

Pertandingan ini juga terasa cukup spesial bagi pemain kelahiran 14 Maret 1995 itu. Sebab, dia sukses menjebol gawang Timnas Jepang sekaligus mengukir gol debutnya bersama tim Merah Putih.

3 dari 4 halaman

Yakob Sayuri

Alternatif lainnya yang bisa dimaksimalkan Shin Tae-yong ialah Yakob Sayuri. Pemain asal Kepulauan Yapen ini memiliki atribut multi-posisi yang membuatnya bisa ditempatkan di banyak posisi.

Posisi asli Yakob memang sebagai sayap kanan. Namun, dia juga terhitung fasih ketika harus mundur sedikit ke belakang, baik itu mengisi posisi right back maupun right wing back. Peran inilah yang juga dipikul Yakob bersama PSM Makassar.

Keuntungan memasang Yakob di sektor ini cukup jelas. Sebab, pemain berusia 26 tahun ini bakal memberikan support untuk barisan lini serang karena dia terhitung cukup aktif melakukan overlap.

Yakob tampaknya menjadi opsi terbaik yang dimiliki Shin Tae-yong. Apalagi, pada Piala Asia 2023, dia menjadi salah satu pemain yang selalu tampil mengisi daftar sebelas pemain pertama alias starting eleven.

 

4 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Opsi paling terakhir yang bisa dimaksimalkan Shin Tae-yong untuk mengisi pos bek kanan atau wing back kanan ialah Witan Sulaeman. Pemain berusia 22 tahun ini sebetulnya berposisi sebagai winger.

Namun, pemain berusia 22 tahun ini juga cukup akrab mengisi sektor belakang. Pengalaman itu diperoleh ketika Witan masih memperkuat Persija Jakarta. Thomas Doll pernah memasang Witan mengisi wing back kiri.

Pengalaman serupa juga pernah diberikan oleh Shin Tae-yong. Witan sempat dipasang mengisi pos bek kanan ketika menghadapi laga uji coba melawan Libya. Momen ini tepatnya terjadi sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Berkaca dari pengalaman ini, bukan tidak mungkin Witan bakal mendapat tugas serupa karena absennya Asnawi Mangkualam pada leg pertama melawan Timnas Vietnam pada 21 Maret 2024. 

Video Populer

Foto Populer