Sukses


Soal Kans Timnas Indonesia Mainkan Starting XI Full Naturalisasi Kontra Vietnam, Pengamat: Tak Ada Untung Rugi

Bola.com, Jakarta - Kurang dari sepekan Timnas Indonesia akan berlaga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Skuad Garuda ditantang Timnas Vietnam dalam dua laga home and away.

Tim Merah-Putih bakal lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Lima hari kemudian, giliran Timnas Indonesia yang bertandang ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Saat ini, Garuda menjadi juru kunci Grup F dengan torehan satu poin dari dua laga yang dijalani. Hasil itu didapat setelah Indonesia takluk 1-5 dari Timnas Irak pada 16 November 2023 dan ditahan imbang 1-1 Timnas Filipina (21/11/2023).

Total ada 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di skuad Garuda. Dari jumlah itu, delapan di antaranya adalah pemain naturalisasi. Sebut saja Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Jordi Amat.

Kemudian, Sandy Walsh, Marc Klok, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen. Dua nama terakhir saat ini masih menjalani proses naturalisasi. Keduanya belum bisa dimainkan pada pertemuan pertama kontra Vietnam.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Ada Untung Rugi

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan komentar perihal banyaknya pemain naturalisasi yang menghuni skuad Timnas Indonesia.

Dia berujar, tak masalah jika Shin Tae-yong memainkan mayoritas pemain keturunan dalam starting line up melawan Vietnam.

Begitupun sebaliknya, kalau nantinya sebelas pertama diisi oleh full lokal juga sah-sah saja. Menurutnya, siapapun yang masuk starting XI, baik keturunan maupun lokal semua punya hak yang sama.

"Sebenarnya berbicara Timnas Indonesia tidak ada istilah untung dan rugi. Siapapun yang menjadi starting, mau memainkan pemain-pemain abroad semua atau pemain lokal semua atau kombinasi dari pemain lokal dan abroad, saya rasa tidak ada masalah," ujar Erwan kepada Bola.com, Minggu (17/3/2024).

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Pelatih Lebih Tahu

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu juga berharap tidak ada lagi yang mengkotak-kotakkan pemain keturunan dengan lokal.

Sebab, para pemain di skuad Garuda memiliki tujuan sama yakni memberikan yang terbaik untuk Tim Merah-Putih.

Sementara soal komposisi pemain yang akan diturunkan pada duel versus Vietnam, Erwan Hendarwanto menyebut bahwa pelatih lebih tahu kekurangan dan kelebihan timnya.

Jadi siapapun yang dimainkan sudah menjadi pilihan terbaik sang juru taktik.

"Justru sekarang harus ditepiskan bahwa siapapun yang main itu adalah pemain Timnas Indonesia, bukan membanding-bandingkan naturalisasi atau lokal," kata Erwan.

"Saya yakin yang dimainkan pastinya pemain yang dianggap paling siap secara pertimbangan teknis tim pelatih," tambahnya. 

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Kamis, 21 Maret 2024

  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB

Selasa, 26 Maret 2024

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer