Sukses


Satu Hal yang Jadi Tugas Berat Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia Hadapi Vietnam

Bola.com, Kediri - Mantan pemain Persebaya, Putut Wijanarko, menyebut ada satu hal penting yang jadi tugas berat Shin Tae-yong saat menyiapkan Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

PSSI sangat serius membangun Timnas Indonesia untuk babak kualifikasi Grup D Piala Dunia 2026. Langkah naturalisasi dianggap jalan pintas yang masih membutuhkan waktu untuk membuktikan kekuatan Indonesia.

Jadwal terdekat, Shin Tae-yong harus bisa membuktikan Timnas Indonesia harus mampu meladeni Vietnam pada leg pertama 21 Maret mendatang di Stadion GBK Jakarta.

"Kebijakan naturalisasi ini jadi pro dan kontra. Tapi apapun, PSSI sudah melangkah dan kita harus tetap mendukung. Namun tak mudah bagi Shin Tae-yong membangun tim dalam waktu singkat untuk kualifikasi Piala Dunia ini."

"Kita akan lihat bersama bagaimana racikan Shin Tae-yong melawan Vietnam nanti," kata Putut Wijanarko.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pentingnya Chemistry

Penilaian eks gelandang Persebaya ini berdasar waktu persiapan yang pendek jelang laga tersebut. "Tak mudah membangun chemistry antarpemain di skuad Timnas Indonesia dalam waktu singkat. Ini jadi tugas berat bagi Shin Tae-yong sebagai pelatih," ujarnya.

Putut Wijanarko tak menganggap kemenangan Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023 lalu bisa jadi jaminan pada pertemuan nanti.

"Vietnam tentu telah belajar dari pengalaman dan mengevaluasi diri agar tak kalah lagi dari Indonesia. Apalagi soal spirit, pemain Vietnam memang luar biasa," ucapnya.

Putut Wijanarko menganalisa kemungkinan Shin Tae-yong akan memasang kekuatan lama Timnas Indonesia.

"Pemain naturalisasi yang baru bergabung tampaknya tidak langsung dipasang Shin Tae-yong sebagai starter. Kita butuh kemenangan di kandang. Ada kemungkinan baru babak kedua atau leg kedua di Vietnam, Shin Tae-yong berani menurunkan pemain baru di skuad Timnas Indonesia," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Skenario ala Media Vietnam

Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). Berikutnya, giliran Vietnam yang jadi tuan rumah di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

“Tim Vietnam berpeluang segera meraih tiket melanjutkan ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 jika meraih hasil bagus melawan Indonesia. Vietnam akan menjalani dua pertandingan penentuan melawan Indonesia,” tulis Dan Tri, medaia Vietnam

“Untuk itu, tim Vietnam perlu menang melawan Indonesia di kedua laga mendatang. Di saat yang sama, Filipina tidak mampu meraih lebih dari satu poin dalam dua pertandingan melawan Irak.”

Video Populer

Foto Populer