Sukses


BRI Liga 1: Butuh Lawan Arema, Toni Firmansyah Tak Dilepas Pelatih Persebaya ke Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, menolak melepas Toni Firmansyah ke Timnas Indonesia U-20. Padahal, nama gelandang berusia 19 tahun itu masuk pemanggilan Tim Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-20 akan melakoni dua laga uji coba melawan China U-20. Masing-masing pada 22 dan 25 Maret 2024 yang semua pertandingan digelar di Stadion Madya GBK, Jakarta.

Tak ada yang salah dalam pemanggilan itu, karena memang memasuki FIFA Matchday. Apalagi, BRI Liga 1 2023/2024 juga sedang libur. Masalahnya, jadwal itu mepet dengan agenda pertandingan Persebaya.

Tim Bajul Ijo akan bertanding melawan Arema FC pada laga pekan ke-30 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024). Artinya, hanya jeda dua hari saja setelah pertandingan Persebaya Surabaya dengan jadwal Timnas Indonesia U-20.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 5 halaman

Lagi Dibutuhkan

Paul Munster tidak mengizinkan Toni Firmansyah pergi karena sedang membutuhkannya. Dia berencana memainkan gelandang asli Surabaya itu saat melawan Arema yang juga merupakan laga krusial untuk timnya.

"Saya butuh semua pemain untuk pertandingan ini. Saya juga butuh Toni. Dia sekarang bermain untuk saya. Jika Toni tidak bermain, tentu dia akan pergi. Dia sekarang pemain tim utama yang penting," kata Paul Munster.

Toni mampu menunjukkan peningkatan performa di BRI Liga 1 2023/2024. Dia pun akhirnya mencetak gol perdana untuk Persebaya Surabaya ke gawang Borneo FC (7/3/2024).

Pertandingan berlangsung dramatis terjadi saat Borneo menjamu Persebaya (7/3/2024). Skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya Surabaya kemudian unggul dulu lewat sepakan keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti (85').

 

3 dari 5 halaman

Gol Perdana

Toni memanfaatkan bola muntah yang mengarah kepadanya. Dengan satu sentuhan, dia melepas tembakan keras dan hanya membuat kiper Nadeo Argawinata melongo tanpa berupaya menghalau sepakannya.

Itu adalah gol perdananya untuk Persebaya. Sayangnya, gol itu tidak membantu Persebaya memenangkan pertandingan. Borneo pada akhirnya menang 2-1 dalam laga ini.

Munster menyebutkan Toni memiliki pemahaman taktik yang baik. Hal itu kemudian berdampak pada performa gelandang asli Surabaya itu di lapangan dan mampu menyumbang gol.

 

4 dari 5 halaman

Mengalami Kemajuan

"Dia termotivasi dan mengalami kemajuan. Ada beberapa pemain lain yang justru menurun, tetapi Toni sedang termotivasi. Dia secara perlahan menjadi pesaing bagi rekan-rekannya," ujar Paul Munster.

"Pemain lain mulai menyadari itu. Dia masih muda, tetapi tidak ada masalah. Kami punya pendapat. Kalau Anda cukup baik, Anda akan menjadi dewasa," imbuh pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Toni Firmansyah musim lalu masih masuk skuat Persebaya U-18. Dia baru promosi ke tim senior sejak awal musim ini. Di usia masih berusia 19 tahun, belum banyak menit bermain yang didapatnya.

 

5 dari 5 halaman

Andalan di Lini Tengah

Gelandang asli Surabaya itu bisa menjawab kebutuhan Tim Bajul Ijo yang sedang bermasalah di lini tengah. Apalagi, Persebaya kini tidak punya gelandang asing selepas kepergian Ze Valente dan Song Ui-young.

Pada musim ini, Toni Firmansyah telah mampu memberi kontribusi untuk Persebaya dengan mencetak masing-masing satu gol dan assist dalam 15 penampilan di Liga 1.

Video Populer

Foto Populer