Sukses


Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Gol Tunggal Egy Maulana Vikri Bungkam Vietnam di SUGBK, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat Kedua Grup F

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil menyegel tiga poin saat menjamu Vietnam dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Tim Garuda menang 1-0 berkat gol yang dicetak Egy Maulana Vikri.

Timnas Indonesia cukup sering menguasai bola pada babak pertama, tetapi aliran untuk membangun serangan kerap gagal di tengah atau saat memasuki area pertahanan Vietnam.

Bahkan Vietnam cukup kerap memberikan pressing ketat sehingga Marselino Ferdinan dkk. kesulitan untuk memutuskan ke mana aliran bola akan diberikan.

Baru pada menit ke-28, Rafael Struick membuat pergerakan yang sangat baik, mengecoh pertahanan Vietnam, dan melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Sayang shot on goal pertama Tim Garuda itu masih bisa dihalau oleh kiper Vietnam, Filip Nguyen.

Empat menit berselang, Tim Garuda membangun serangan dan berhasil masuk dalam area pertahanan Vietnam lewat sisi kanan. Namun, peluang yang berusaha dibuat oleh Yakob Sayuri itu masih bisa digagalkan deretan pertahanan Vietnam.

 

Namun, hingga babak pertama berakhir, tak satu pun gol yang tercipta. Skor untuk 45 menit pertama masih 0-0. Timnas Indonesia hanya melakukan dua tembakan dengan satu di antaranya tepat sasaran.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Egy Maulana Vikri Memecah Kebuntuan

Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain pada awal babak kedua. Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, dan Sandy Walsh masuk lapangan, menggantikan Yakob Sayuri, Hokky Caraka, dan Nathan Tjoe-A-On.

Keputusan Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain di awal babak kedua berjalan baik. Timnas Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-52 lewat gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri.

Memanfaatkan umpan lemparan panjang yang dilakukan Pratama Arhan, yang gagal dihalau dengan baik oleh Vo Minh Trong, Egy yang tidak terkawal melakukan sontekan yang membuat bola bersarang ke gawang Vietnam.

3 dari 4 halaman

Area Pertahanan Timnas Indonesia Aman dari Ancaman

Setelah membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Egy Maulana Vikri, pemain Timnas Indonesia berusaha untuk terus menyerang dan mengurung pertahanan Vietnam.

Sejumlah peluang pun diciptakan oleh Timnas Indonesia lewat serangan-serangan yang dibangun dari sisi sayap. Namun, peluang yang didapatkan Marsleino Ferdinan dkk. masih belum bisa membuat Timnas Indonesia menambah keunggulan.

Sementara di sisi sebaliknya, Vietnam juga mengincar kesempatan untuk melakukan serangan balasan. Namun, area pertahanan Tim Garuda tetap aman dan membuat gawang yang dikawal Muhammad Adi Satryo tetap tidak terancam.

Shin Tae-yong kemudian sempat menyegarkan lini tengah dan lini depan Timnas Indonesia dengan memasukkan Ricky Kambuaya dan Ramadhan Sananta. Keduanya masuk menggantikan Rizky Ridho dan Rafael Struick.

Egy Maulana Vikri hampir saja menggandakan keunggulan pada menit ke-89. Menerima umpan silang mendatar dari Pratama Arhan, Egy melakukan sontekan yang masih tipis di luar tiang gawang Vietnam karena ditepis Filip Nguyen.

Hingga tambahan lima menit di masa injury time, tidak ada tambahan gol tercipta. Timnas Indonesia mempertahankan keunggulan 1-0 dan meraih tiga poin yagn membawa mereka kini berada di posisi kedua dalam klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan torehan empat poin dari tiga laga.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Timnas Indonesia (3-5-2): Muhammad Adi Satryo; Rizky Ridho, Jay Idzes, Nathan Noel; Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Rafael Struick, Hokky Caraka
  • Pelatih: Shin Tae-yong
  • Vietnam (5-3-2): Filip Nguyen; Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son; Nham Manh Dung, Nguyen Dinh Bac
  • Pelatih: Philippe Troussier

Video Populer

Foto Populer