Sukses


Yang Bikin Heboh Setelah Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ranking FIFA Tembus 130-an Nih Bos!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memetik kemenangan penting dalam lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Garuda itu berhasil membungkam Timnas Vietnam.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024) malam WIB, Timnas Indonesia menang tipis dengan skor 1-0. Gol pada laga ini dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada babak kedua, tepatnya di menit ke-52.

Tambahan tiga poin membuat Tim Merah-Putih untuk sementara naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup F. Armada Shin Tae-yong mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan yang telah dijalani.

Setelah ini, giliran Garuda yang bakal bertandang ke markas Vietnam. Menurut jadwal, duel kedua tim berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Berikut Bola.com menyajikan beberapa catatan menarik usai Timnas Indonesia melibas Vietnam. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

2 dari 5 halaman

Kemenangan Perdana

Hasil positif itu menjadi kemenangan perdana Timnas Indonesia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebelumnya, Tim Garuda menelan sekali kekalahan dan bermain seri.

Hasil minor didapat kala berjumpa Timnas Irak. Saat itu, Indonesia menyerah dengan skor mencolok 1-5 di Basra International Stadium, Irak pada 16 November 2023. Kemudian ditahan imbang 1-1 Timnas Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila (21/11/2023).

3 dari 5 halaman

Debut Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan kesempatan duo pemain naturalisasi: Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On melakoni debut bersama Garuda.

Kedua pemain keturunan Belanda ini tampil sejak menit awal. Jay bermain penuh selama 90 pada laga itu. Sedangkan Tjoe-A-On diturunkan selama 45 menit pada babak pertama.

Jay Idzes yang mengisi posisi bek tengah bermain sangat solid sepanjang laga. Dia menjadi tembok kukuh yang sulit ditembus lawan. Sementara itu, Nathan mengambil alih posisi bek kiri Pratama Arhan.

 

4 dari 5 halaman

Vietnam Gagal Revans

Kekalahan ini tidak hanya membikin Vietnam turun di posisi klasemen sementara. Namun, tim besutan Philippe Troussier itu juga gagal membalas dendam kekalahan pada pertemuan sebelumnya.

Ya, pada perjumpaan terakhir, The Golden Stars tumbang atas Indonesia di fase grup Piala Asia 2023. Ketika itu, gol kemenangan Timnas Merah-Putih dicetak Asnawi Mangkualam lewat eksekusi tendangan penalti.

Vietnam saat ini berada di peringkat ketiga klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan, hasil dari sekali menang dan dua kalah.

5 dari 5 halaman

Ranking Indonesia Melesat

Selain peringkat di klasemen Grup F, Indonesia juga diprediksi akan naik beberapa peringkat di ranking FIFA. Sebelum laga melawan Vietnam, posisi Indonesia masih di angka 142. Sementara Golden Stars Warriors 105.

Mengutip Footy Rankings, Garuda mendapatkan tambahan 15.37 poin dan naik ke urutan 138. Sedangkan Vietnam turun tujuh peringkat ke posisi 112 ranking FIFA.

 

Video Populer

Foto Populer