Sukses


3 Sinyal Positif Timnas Indonesia Bakal Menang di Kandang Vietnam: Garuda Tak Lagi Inferior!

Bola.com, Jakarta - Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia pada pertemuan pertama melawan Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi sinyal positif untuk menatap laga selanjutnya.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (21/3/2024), malam WIB itu, Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiga poin setelah menggulung Timnas Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Hasil ini menjadi modal berharga bagi skuad Garuda untuk bertandang ke kandang lawan. Menurut jadwal, pertemuan kedua bakal berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Setidaknya, ada sejumlah sinyal positif yang bisa membawa anak asuh Shin Tae-yong mengamankan kemenangan berikutnya di kandang Vietnam tersebut. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dua Kemenangan Beruntun

Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia pada pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini memang cukup spesial. Sebab, ini menjadi kemenangan kedua yang diraih secara beruntun atas Vietnam.

Sebelumnya, skuad Merah Putih berhasil meraih kemenangan dengan skor yang sama saat berjumpa di panggung Piala Asia 2023. Saat itu, Timnas Indonesia unggul 1-0 lewat gol tunggal Asnawi Mangkualam lewat titik putih.

Dua kemenangan ini memang sangat berharga bagi anak asuh Shin Tae-yong. Sebab, pada beberapa edisi sebelumnya, skuad Merah Putih selalu kesulitan meraih hasil positif saat berjumpa The Golden Star.

 

3 dari 4 halaman

Rekor Buruk Philippe Troussier

Status mentereng yang dimiliki pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, ternyata tak berarti apa-apa saat berjumpa Timnas Indonesia. Pelatih asal Prancis ini selalu kesulitan ketika harus berjumpa tim Garuda

Dua kekalahan dari Timnas Indonesia pada pertemuan terakhir semakin mengukuhkan catatan inferior tersebut. Rekor buruk nakhoda berusia 69 tahun ini sebetulnya juga tak hanya terjadi di level senior.

Sebab, sebelumnya dia juga sempat merasakan kekalahan ketika mendampingi Timnas Vietnam U-22 di SEA Games 2023. Ketika itu, mereka ditumbangkan secara dramatis dengan skor 2-3 di fase semifinal.

 

4 dari 4 halaman

Dua Senjata Baru

Sinyal positif lainnya yang bisa mempertebal peluang kemenangan Timnas Indonesia pada pertemuan di Stadion Nasional My Dinh ialah hadirnya senjata mematikan baru dari dua pemain naturalisasi.

Dua nama yang dimaksud dialah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya sempat absen pada laga pertama karena proses perpindahan federasinya dari KNVB menuju PSSI masih dalam proses finalisasi.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, sempat mengisyaratkan bahwa kedua nama ini sudah bisa diturunkan pada laga kedua. Proses finalisasinya diharapkan bisa selesai sebelum 26 Maret 2024.

Video Populer

Foto Populer