Sukses


Duel Vietnam Vs Timnas Indonesia Akan Dipimpin Wasit Kontroversial, Media Vietnam Malah Senang dan Singgung Keberuntungan

Bola.com, Hanoi - Pertandingan kedua antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bakal dipimpin oleh wasit yang terkenal karena kontroversinya, Alireza Faghani.

Wasit yang sebelumnya sempat membuat gaduh ketika memimpin laga-laga di Piala Asia 2023 itu bakal bertugas saat Timnas Indonesia dan Vietnam berduel di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Kepastian soal penunjukan Alireza Faghani sebagai pengadil dalam pertandingan tersebut telah diputuskan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang baru-baru ini dilaporkan media Vietnam, Soha.vn.

“Baru-baru ini, AFC mengumumkan wasit Alireza Faghani akan memimpin pertandingan Timnas Vietnam vs Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 26 Maret di Stadion Nasional My Dinh,” bunyi pemberitaan Soha.vn.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Singgung Aroma Keberuntungan

Soha.vn menjelaskan, munculnya sosok Alireza Faghani itu memang cukup berkesan. Sebab, dia menjadi salah satu wasit yang menghadirkan kenangan manis untuk The Golden Star, salah satunya pada Piala AFF 2018.

Ketika itu, wasit kelahiran 21 Maret 1978 itu memimpin pertandingan leg kedua final Piala AFF 2018 antara Vietnam melawan Malaysia. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi itu, The Golden Star akhirnya menang1-0 lewat gol tunggal Nguyen Anh Duc.

“Wasit keturunan Australia-Iran ini sudah tak asing lagi dengan Timnas Vietnam. Dia bahkan menjadi wasit dalam banyak pertandingan yang dimenangkan Vietnam,” bunyi artikel pemberitaan Soha.vn.

Yang paling berkesan adalah leg kedua final Piala AFF 2018. Saat itu, Vietnam menang melawan Timnas Malaysia untuk merebut gelar juara. Sementara itu, Alireza Faghani baru sekali memimpin laga Timnas Indonesia,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Wasit Kontroversial

Nama Alireza Faghani sebetulnya belum lama ini mencuat di kalangan publik. Momen itu tepatnya terjadi saat lelaki berusia 46 tahun ini memimpin pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 antara Irak melawan Yordania.

Dalam duel yang berlangsung ketat itu, Alireza Faghani menjadi perhatian karena memberikan kartu kuning kepada Aymen Hussein yang melakukan selebrasi makan seusai membawa timnya unggul 2-1.

Dalam momen tersebut, Aymen Hussein dianggap mengulur waktu. Hal ini karena dia melakukan dua kali selebrasi. Kartu kuning kedua inilah yang akhirnya membuat Hussein harus mandi lebih cepat, karena sebelumnya sudah diganjar kartu kuning.

Akibatnya, Iran harus berjuang dengan 10 pemain melawan Yordania. Tanpa diduga, kubu lawan justru bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain ini hingga membalikkan keadaan menjadi 3-2.

 

Sumber: Soha.vn

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam (1-0)
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB
5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  3  3  0  0  7-1  9
2  Timns Indonesia  3  1  1  1  3-6  4
3  Vietnam  3  1  0  2  2-2  3
4  Filipina  3  0   1  2  1-4  1

Video Populer

Foto Populer